Langkah-langkah Menghilangkan Pestisida Dari Buah Dan Sayuran

Langkah-langkah Menghilangkan Pestisida Dari Buah Dan Sayuran

Informasi Terkini – Kebanyakan buah-buahan dan sayuran segar yang Anda beli di pasar atau tukang sayur memang mengandung pestisida. Akan tetapi, pestisida ini tidak menimbulkan kambuhnya risiko kanker. Mengonsumsi makanan yang seimbang dan kaya akan sayuran serta buah-buahan sangat baik untuk kesehatan dan dapat menghindari kanker. Manfaat ini jauh lebih besar daripada risiko yang mungkin ditimbulkan oleh pestisida.

Jika khawatir pada risiko pestisida, konsumsi makanan organik akan menghindari kita dari efek buruk zat ini. Dokter mungkin menyarankan penggunaan sabun cuci piring untuk mencuci makanan dan membilasnya dengan bersih, terutama pada makanan yang bisa dimakan mentah. Mencuci makanan berfungsi sebagai penghilang pestisida.

Secara umum, berikut langkah-langkah menghilangkan pestisida dari buah dan sayuran:

Cuci sayuran dan buah-buahan dengan air yang mengalir dari keran. Jangan lupa, bersihkan juga bagian luar makanan jika bagian luar makanan akan dimakan seperti apel, mentimun, atau kentang. Jika tak ada sabun pencuci sayur dan buah, Anda juga bisa menggunakan sabun cuci piring (satu tetes untuk setiap dua galon air). Jika ukuran sabun pencuci piring digunakan dalam jumlah yang sedikit, sabun akan mampu menghilangkan kotoran, pestisida, dan serangga yang ada pada buah dan sayuran. Jangan lupa bilas dengan baik dan buang bagian daun yang paling luar, seperti pada selada dan kubis.
Jika produk makanan diberi label "belum dicuci”, cuci terlebih dahulu sebelum disajikan untuk mengurangi risiko penyakit.
Letakkan tempat pencuci buah dan sayuran dalam wadah atau kantong yang dialasi tisu. Cara seperti ini dapat memastikan keringnya makanan yang sudah dicuci.