Lebih Dari Sekadar Bentuk Kasih Sayang, Ini Beberapa Manfaat Berpelukan Bagi Kesehatan

Lebih Dari Sekadar Bentuk Kasih Sayang, Ini Beberapa Manfaat Berpelukan Bagi Kesehatan

Informasi Terkini – 1. Meningkatkan kadar oxytocin

Salah satu respon yang tubuh berikan saat kita sedang berpelukan adalah dengan melepaskan hormon oxytocin. Hormon yang dikenal sebagai ‘hormon cinta’ ini membuat kita merasa lebih kalem dan rileks, sehingga membantu menurunkan tingkat stres. Selain oxytocin, ada satu jenis hormon yang juga dilepaskan oleh tubuh yaitu serotonin. Hormon ini berperan besar dalam mengatur mood kita. Dengan serotonin, Anda akan merasa lebih bahagia, rileks, dan percaya diri.

2. Melindungi diri dari penyakit akibat stres

Stres dapat berujung dengan berbagai penyakit tubuh dan mental. Maka itu, kita perlu menjaga diri agar terbebas dari stres yang berlebih. Salah satu cara yang dapat membantu mengurangi tingkat stres adalah berpelukan. Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, ternyata selain melepaskan hormon baik, berpelukan juga membantu menekan jumlah cortisol atau hormon yang dilepaskan tubuh saat sedang stres.

3. Membantu merelaksasikan otot

Selain membuat pikiran jadi lebih rileks, berpelukan juga mampu membantu merelaksasikan otot tubuh. Saat berpelukan, tegangan pada otot dan tubuh kita akan berkurang. Tak hanya itu, peredaran darah pun menjadi lebih lancar dan membuat tubuh merasakan efek yang menenangkan.

4. Meningkatkan sistem imun

Manfaat berpelukan selanjutnya berkaitan dengan kesehatan tubuh kita. Saat berpelukan, tekanan tubuh yang kira rasakan akan mengaktifkan cakra solar pexus atau manipura, yang terletak 5 cm di atas pusar manusia. Aktifnya cakra tersebut akan menstimulasi kelenjar timus, sebuah kelenjar yang memiliki tugas penting dalam menjaga kekebalan tubuh kita. Kelenjar ini akan membantu menyeimbangkan produksi sel darah putih yang berfungsi melawan penyakit dan infeksi pada tubuh.

5. Membantu meringankan depresi

Tubuh seseorang yang mengalami mood disorder seperti depresi umumnya memiliki kadar dopamin yang rendah. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan dopamin pada tubuh adalah dengan berpelukan. Saat berpelukan, tubuh akan melepaskan dopamin yang memiliki tugas untuk mengontrol rasa kesenangan dan rasa dihargai. Dengan terjadinya pelepasan dopamin pada tubuh, tingkat depresi yang dialami akan berkurang.