Liburan Tanpa Repot, Berikut Alasan Anda Harus Mencoba ‘Minimalist Traveling’

Liburan Tanpa Repot, Berikut Alasan Anda Harus Mencoba 'Minimalist Traveling'

Informasi Terkini – Esensi dari pergi traveling adalah untuk menyegarkan pikiran agar setelah kembali dari liburan pikiran kembali segar dan kondisi mood membaik, sehingga bisa melakukan rutinitas sehari-hari dengan semangat yang baru. Namun, alih-alih mendapatkan pengalaman seru dan menyenangkan, kesalahan saat liburan ternyata justru membuat Anda pulang dengan beban maupun masalah yang baru.

Nah, supaya Anda bisa terhindar dari stres saat kembali liburan, Anda bisa menerapkan apa yang disebut dengan traveling light atau minimalist traveling. Konsep dari traveling light atau minimalist traveling ini sangat simple, yakni memersiapkan dan membawa barang seminimal mungkin supaya Anda benar-benar lebih fokus mendapatkan pengalaman yang menyenangkan selama liburan tanpa terlalu banyak mengurus ini-itu. Mengapa metode traveling ini layak untuk Anda terapkan? Berikut beberapa alasannya!

1. Persiapan yang Tidak Memakan Banyak Waktu dan Tenaga

Mempersiapkan traveling bisa menjadi hal yang repot dan melelahkan bila Anda terlalu banyak disibukkan dengan mempertimbangkan penginapan, akomodasi, transportasi, maupun anggaran yang terlalu besar. Daripada terlalu repot menentukan berbagai hal yang sebenarnya tidak membuat Anda benar-benar menikmati liburan, menerapkan traveling light akan membuat Anda lebih simpel mempersiapkan barang bawaan, hotel sederhana untuk menginap, dan anggaran yang dibuat seminimal mungkin.

2. Tidak Repot dengan Banyak Barang

Konsep utama dari minimalist traveling adalah menghindari terlalu banyak membawa barang saat liburan dan mengutamakan barang yang benar-benar Anda butuhkan. Tidak terlalu banyak membawa barang selama traveling bisa membuat Anda semakin nyaman, terutama bagi Anda yang ingin mengunjungi beberapa tempat selama liburan. Anda tidak perlu repot menggotong koper dengan barang yang banyak, bukan?

3. Membuat Anda Kreatif dengan Barang Multifungsi

Salah satu alasan yang seringkali membuat Anda melakukan traveling dengan membawa banyak barang adalah karena memikirkan kemungkinan bahwa Anda akan membutuhkan barang-barang yang sebenarnya tidak benar-benar dibutuhkan. Bila terjebak dengan situasi tersebut, Anda bisa kembali melihat list barang bawaan yang sudah Anda buat dan lebih mengutamakan barang-barang multifungsi yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Contohnya dengan membawa sepatu atau sandal yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas yang akan dilakukan selama liburan, ataupun membawa pakaian yang bisa dipadupadankan menjadi beberapa outfit yang instagram-able.

4. Menghemat Biaya

Traveling minimalis tak hanya mengutamakan agar Anda tidak repot membawa terlalu banyak barang, tetapi juga membuat Anda bisa meminimalkan biaya yang harus dikeluarkan selama liburan. Saat merencanakannya, mulailah dengan memilih tujuan atau destinasi wisata yang sesuai dengan tujuan Anda. Tidak perlu memilih tempat yang terlalu jauh atau terlalu mahal bila yang Anda butuhkan hanya suasana tenang atau kegiatan seru untuk menyegarkan pikiran.

5. Membuat Anda Lebih Fokus

Menerapkan minimalist traveling akan membuat Anda lebih fokus dengan memikirkan dan membawa segala sesuatu yang penting saja. Karenanya, dalam memersiapkan liburan Anda perlu menyiapkan detail anggaran dan barang apa saja yang akan dibawa dan benar-benar dibutuhkan. Dengan demikian, Anda bisa lebih fokus pada kegiatan yang Anda lakukan untuk bisa mendapatkan pengalaman menyenangkan selama liburan daripada memikirkan hal yang membuat liburan menjadi semakin terasa melelahkan, yang salah satunya disebabkan karena terlalu banyaknya barang bawaan.