Bikin Mudah Berdamai dengan Diri Sendiri, Ini 4 Langkahnya

Berdamai dengan diri sendiri memang tidak mudah untuk dilakukan. Diperlukan konsistensi agar mendapatkan hasil yang maksimal. Namun jangan menyerah dulu, berdamai dengan diri sendiri ini pastinya akan lebih gampang bila mengetahui langkah-langkahnya. So, berikut ini ulasannya.

Kunci dari berdamai dengan diri sendiri adalah ‘love yourself first’. Kamu harus bisa belajar mendengarkan, merasakan, dan menghargai diri sendiri. Dengan begitu, nantinya kebahagiaan dalam diri pasti akan lebih mudah terwujud dan hati akan terus merasa tenang.

Memang bukan waktu yang singkat untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh diri sendiri. Hal ini membutuhkan waktu panjang bahkan bisa saja seumur hidup kamu. Tetapi tak ada salahnya untuk memulai berdamai dengan diri sendiri melalui langkah-langkah berikut ini.

1. Berdamai dengan diri sendiri

Coba pikirkan bagaimana kamu sering memaafkan orang tersayang atau terdekatmu yang melakukan kesalahan? Tapi seberapa sulitnya kamu memaafkan dan menerima kesalahan untuk dirimu sendiri?

Langkah pertama adalah belajar menerima dan mengikhlaskan apa yang sudah berlalu. Tidak ada manusia yang sempurna, kamu bisa mencoba memulai melepaskan semua keraguanmu dan menerima segala kekurangan serta kelemahanmu. Berpikir untuk lebih tenang dan mencintai diri sendiri. Dengan begitu, kebahagiaan diri akan lebih mudah digapai.

2. Mendekatkan diri secara spiritual

Setiap orang memerlukan waktunya untuk dirinya sendiri. Kamu bisa mencoba melakukan beberapa hal spiritual, seperti beribadah atau meditasi. Kegiatan ini dapat membantu memberikan ketenangan jiwa dan pikiranmu.

Apalagi mendekatkan diri kepada Tuhan dan bergantung kepada-Nya. Niscaya kamu bisa mendapatkan kedamaian jiwa dan dipermudah untuk menjalankan kehidupan dengan lebih lapang.

3. Mengeluarkan sisi kreatifmu

Kreativitas bisa menjadi healing yang dapat membuatmu merasa bebas dan lepas. Dengan mengeluarkan sisi kreatifmu, kamu bisa berfokus dan menggali potensi apa yang ada di dalam dirimu. Dengan begitu kamu akan lebih mengenali diri sendiri.

Kamu bisa mencoba berbagai aktivitas yang kamu suka, mulai dari menulis, berolahraga, menggambar, dan kegiatan produktif lainnya. Hal tersebut bisa membuatmu lebih sibuk dan kenal akan dirimu sendiri.

4. Jangan bergantung dengan orang lain

Hilangkan kebiasaan bergantung dengan orang lain karena bisa membuat dirimu menjadi tidak tenang. Ketika kamu menggantungkan sesuatu pada orang lain, maka dirimu akan memiliki ekspetasi yang tinggi. Jika ekspetasi tersebut tidak sesuai kenyatannmu, yang akan kamu dapat pun kecewa.

Pada intinya, jangan terlalu berekspetasi dengan apapun. Karena dengan kamu ekspetasi maka dirimu akan tampak gelisah dengan hasil yang terjadi. Bersikaplah tenang dan sebisa mungkin bikin diri sendiri mampu menanganinya sehingga tidak perlu berharap tinggi dengan orang lain.