Meski Banyak Diam, Ini 5 Kelebihan Introver Di Tempat Kerja

Orang yang introver sering diremehkan dalam kehidupan sosial. Pasalnya, banyak orang menganggap kepribadian introver itu tertutup, pendiam, dan suka menyendiri. Bahkan sebagian orang lainnya menyamakan kepribadian introver dengan social anxiety atau shyness.

Tentu saja hal ini tidak benar. Kepribadian introver memiliki banyak kelebihan yang bisa digunakan dalam kehidupan sosial, termasuk dalam dunia pekerjaan. Selain itu, tidak semua orang introver memiliki gangguan kecemasan ataupun pemalu. Mereka hanya memiliki kepribadian menarik, hangat, dan tenang.

Meski lingkungan pertemanannya tidak seluas orang yang ekstrover, kamu tak perlu khawatir. Kepribadian introver justru membawa seseorang untuk pintar dalam mengambil keputusan, karena apa yang akan dilontarkan harus dipikirkan dan dimatangkan terlebih dahulu. Selain itu, berikut ini beberapa kelebihan introver lainnya di tempat kerja.

Fokus

Seorang introver dapat memiliki tingkat konsentrasi dan fokus yang tinggi dalam melakukan sesuatu. Hal ini membuat mereka pintar dalam melakukan penyelidikan, menganalisis, dan mencari solusi atas masalah yang ada di tempat kerja.

Tenang

Saat melakukan kesalahan atau mengalami masalah di tempat kerja, seorang introver cenderung menghadapinya dengan tenang. Ia akan berpikir dengan cermat dan selalu berhati-hati untuk tindakan yang akan dilakukan. Dengan begitu, ia tidak bertindak secara impulsif.

Pintar Menulis

Kelebihan introver dalam melakukan pengamatan dan pemikirannya membuat mereka pandai dalam menyusun kalimat yang terstruktur. Maka tak heran, banyak orang introver pintar dalam menulis dan mengaitkan pengetahuannya sesuai dengan fakta-faktanya. Dalam dunia kerja, hal ini sangat baik untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan kantor yang membutuhkan pikiran.

Kreatif

Kreativitas yang dimiliki oleh orang introver juga tak menarik. Mereka cenderung banyak menghabiskan waktunya sendirian untuk berpikir mengenai banyak hal. Dengan begitu, orang introver sering memiliki banyak ide dan nantinya bisa diwujudkan melalui keterampilannya yang tinggi.

Pendengar yang Baik

Orang introver ahli dalam mendengarkan informasi dan mengumpulkannya sebagai data. Sehingga introver banyak memiliki bakat dalam membangun sebuah bisnis atau usaha.