Luapkan Stres Dengan Jenis Olahraga Berikut Untuk Menjaga Kesehatan Mental Anda!

Luapkan Stres Dengan Jenis Olahraga Berikut Untuk Menjaga Kesehatan Mental Anda!

Informasi Terkini – Sama halnya dengan kesehatan fisik, kesehatan mental pun harus selalu dijaga. Jika kesehatan mental kita terganggu, aktivitas sehari-hari juga bisa terhambat. Pasti sering kan jadi malas melakukan apa-apa pada saat sedih atau stres? Alhasil, pekerjaan terbengkalai, keluarga tidak terurus, bahkan kesehatan fisik pun ikut terganggu. Oleh sebab itu, jangan sepelekan kondisi mental Anda. Untuk menjaganya, berikut ini adalah beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan.

1. Berjalan Kaki di Luar Ruangan

Olahraga ringan ternyata cukup efektif untuk kesehatan, terutama ketika Anda ingin memperbaiki mood. Berjalan-jalan di luar ruangan bisa menjadi cara yang sangat simpel, namun manjur untuk mengurangi depresi dan menjernihkan pikiran. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga di luar ruangan bisa sama efektifnya dengan antidepresan dalam mengobati depresi ringan hingga menengah.

2. Lari

Gerakan lari yang berulang-ulang bisa menjadi pelarian sementara dari kehidupan sehari-hari Anda. Ketika lari, Anda akan fokus pada sesuatu yang sangat simpel, namun tetap memiliki tujuan untuk dicapai. Selain itu, lari tidak membutuhkan perlengkapan yang rumit sehingga bisa dilakukan kapan saja. Jadi, kalau Anda mengalami hal-hal yang membuat stres, kenapa tidak berlari sebentar?

3. Olahraga Grup

Berolahraga dalam grup merupakan cara yang sangat bagus untuk mengembalikan semangat, sekaligus bersosialisasi yang juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Selain itu, berolahraga bersama-sama juga lebih menyenangkan dan semakin membuat mood Anda membaik. Karena menikmatinya, sesi olahraga Anda pun tidak terasa sudah selesai.

4. Tinju

Kalau dulu tinju biasanya hanya dilakukan oleh pria, kini wanita juga banyak yang menjadikannya sebagai bagian dari rutinitas olahraga. Selain efektif untuk membangun kekuatan tubuh, tinju ternyata juga sangat baik untuk kesehatan mental. Tinju dapat mengurangi ketegangan otot yang biasanya dialami ketika stres. Karena harus fokus memukul, konsentrasi pun meningkat dan Anda akan lupa kenapa Anda stres. Dengan tinju, Anda juga akan merasa lebih kuat secara mental sehingga semangat dan keberanian Anda semakin besar.

5. Yoga

Tentu saja olahraga yang satu ini menjadi salah satu olahraga favorit untuk menenangkan pikiran. Yoga memadukan tubuh dan pikiran untuk memperbaik kesehatan mental. Ketika melakukan yoga, Anda harus selalu fokus pada nafas, sehingga menjadi lebih tenang. Anda pun akan tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh, mental, dan emosi.