Macam Kebiasaan Yang Tidak Disadari Tergolong Sebagai Self-Harm

Macam Kebiasaan Yang Tidak Disadari Tergolong Sebagai Self-Harm

Informasi Terkini – Self-harm tak melulu soal fisik. Tanpa kita sadari, ada beberapa kebiasaan yang juga tergolong sebagai self-harm. Kebiasaan ini mungkin tidak menimbulkan luka dan rasa sakit. Namun, jika dibiarkan dan dilakukan secara terus menerus, kebiasaan ini akan menyiksa mental Anda. Berikut ini adalah beberapa contoh kebiasaan yang tergolong sebagai self-harm. Yuk, disimak!

1. Boros

Termasuk orang yang gemar berbelanja saat merasa stres? Bahkan, hingga menyebabkan overspending? Segera kurangi kebiasaan ini, ya! Hal ini memang bisa membuat Anda merasa senang dan puas sesaat. Namun, akan berujung dengan sisa-sisa hari yang menyiksa sampai tiba waktunya gajian kembali. Untuk mencegah hal ini terjadi, ada baiknya jika Anda sudah menyiapkan bujet setiap bulannya untuk berbelanja saat Anda merasa stres.

2. Mengisolasi Diri

Tidak ada salahnya jika Anda merupakan pribadi yang lebih senang menghabiskan waktu sendiri. Namun, hal ini dapat menjadi berbahaya jika Anda sampai pada tahap mengisolasi diri sendiri. Bahkan, sampai menjauhkan diri Anda dari keluarga dan orang terdekat. Bisa menimbulkan dampak hingga depresi, lho! Meskipun Anda seorang introvert, bersosialiasi tetaplah hal yang penting. Mulailah dari lingkungan yang kecil terlebih dahulu, atau berkomunikasi melalui telepon pun tidak masalah.

3. Mendahulukan Kepentingan Orang Lain

Bagi beberapa orang, berkata ‘tidak’ merupakan hal yang sulit. Orang-orang seperti ini selalu mementingkan urusan orang lain dibandingkan dengan urusannya sendiri. Meskipun memiliki maksud yang baik, sebenarnya kebiasaan ini bisa tergolong sebagai self-harm. Apalagi kalau Anda sama sekali tidak pernah mendahulukan kepentingan Anda sendiri. Tidak ada salahnya kok untuk sesekali bertindak ‘egois’.

4. Membiarkan Toxic People Berada di Hidup Kita

Menemukan ciri-ciri toxic friend di lingkungan pertemanan Anda? Demi kebaikan diri Anda sendiri, lebih baik Anda menjaga jarak dari orang-orang ini. Berhubungan dengan orang yang memiliki sifat toxic hanya akan memberikan kerugian di hidup Anda dan jika membiarkan mereka tetap berada di sekitar Anda, itu sama saja dengan menyiksa diri sendiri.

5. Sengaja Membiarkan Diri Tenggelam dalam Emosi

Mungkin ada masanya di mana Anda merasa stres dan butuh melepasnya dengan cara menangis. Hal ini sebenarnya tidak salah, asal dilakukan dengan tidak berlebihan. Kebiasaan ini akan menjadi self-harm jika Anda membiarkan diri Anda terus-terusan bersedih. Bahkan dengan sengaja menonton film, membaca buku, atau bahkan mendengarkan lagu yang akan memancing Anda untuk menangis. Kalau begitu sih sama saja dengan menyiksa diri sendiri!