Makan Nanas Saat Hamil Sebabkan Keguguran Hanyalah Mitos

Makan Nanas Saat Hamil Sebabkan Keguguran Hanyalah Mitos

Informasi Terkini – Di masyarakat sudah dikenal bahwa ibu hamil tidak boleh mengonsumsi atau makan buah nanas. Hal ini disebabkan mereka menyakini makan buah nanas dapat menyebabkan keguguran dan bayi lahir prematur. Benarkah hal seperti ini?
Ternyata, buah nanas tidak semenakutkan itu. Jika ibu hamil mengonsumsi dalam batas wajar, risiko keguguran dan bayi lahir prematur tidak akan terjadi. Justru buah nanas dapat menambah nutrisi bagi ibu hamil.
Dalam buah nanas terdapat kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu serat, rendah lemak, dan beberapa vitamin. Selain itu, nanas juga bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan. Nanas dapat mengatasi sembelit, menyehatkan jantung, dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.
Namun, bagaimana masyarakat bisa mempercayai bahwa buah nanas dapat menyebabkan keguguran dan bayi prematur?
Hal ini ternyata dalam nanas terdapat juga zat bromelain. Adanya zat ini membuat masyarakat khawatir nanas dapat membahayakan ibu hamil dan juga janin dalam kandungan. Padahal, zat inilah yang baik karena dapat mengatasi masalah pencernaan. Namun, bila ibu hamil ingin mengonsumsi nanas sebaiknya makan dalam jumlah sedikit agar tidak membahayakan keduanya.
Hal ini disampaikan oleh dr. Dyan Mega Inderawati. Selain itu, dokter yang biasa dipanggil Ega tersebut menjelaskan bahwa bayi yang lahir prematur biasanya disebabkan oleh dua faktor, jadi faktor ibu hamil itu sendiri dan janin yang ada di kandungan.
• Faktor dari ibu : gaya hidup tidak sehat, mengalami inkompetensi rahim, dan mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi.
• Faktor dari janin : janin memiliki kelainan genetika, dan janin yang kembar sangat berisiko lahir prematur