Makanan Bisa Tularkan Penyakit?

Makanan Bisa Tularkan Penyakit?

Informasi Terkini – Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan bahwa lebih dari 200 penyakit bisa ditularkan melalui makanan. Hal ini tentunya bisa membuat banyak orang khawatir. Sebab, manusia sangat membutuhkan makanan untuk mempertahankan hidupnya.
Oleh pemerintah, Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia tahun ini lebih menekankan keamanan dari pangan yang sebagai kebutuhan pokok dari manusia.
Penyakit yang ditularkan oleh makanan atau Food Borne Diseases ialah penyakit yang menular yang penyebabnya merupakan mikroba yang kemudian masuk ke dalam tubuh sehingga menyebabkan penyakit.
Kasus penyakit menular dari makanan ini paling sering adalah keracunan makanan. Data dari tahun sebelumnya, 2017, yang dicatat oleh Direktorat Kesehatan Lingkunhan dan Public Health Emergency Operation Center (PHEOC) bahwa telah terjadi 163 kasus keracunan dan 7132 kasus dengan Case Fatality Rate (CFR) 0,1%.
Kasus keracunan makanan ini merupakan kasus ke-2 terbanyak dialami oleh masyarakat setelah kasus difteri yang bertempat pada urutan pertama. Hal ini menandakan bahwa kasus keracunan masih menjadi kasus yang penangannya diprioritaskan karena menyangkut keselamatan jiwa masyarakat.
Dalam masalah pangan, ada tiga kelompok yang berbahaya untuk kesehatan yaitu, bahaya biologi, bahaya kimia, dan bahaya fisik.
Biasanya makanan yang terlihat menarik akan menyimpan banyak bahaya jika dikonsumsi. Berbeda dengan makanan penuh gizi yang tentu dapat menyehatkan tubuh dan menghindarkan dari berbagai penyakit.