Makanan Tradisional Indonesia, Ini Manfaat Tempe

Keberadaan tempe di Indonesia ini sudah tidak asing lagi. Makanan fermentasi kedelai ini sangat di kenali oleh banyak orang karena mudah didapat dan enak. Banyak orang yang mengonsumsi dengan berbagai pengolahan, seperti disayur, digoreng, atau banyak lagi. Selain itu, tempe memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Sehingga mengonsumsi tempe sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat tempe bagi tubuh kita

1. Sumber protein yang lebih kaya dibanding daging
Protein pada tempe setara dengan daging, nutrisi pada tempe sangat baik daripada kedelai biasa. Karena enzim proteolitik yang diakibatkan protein yang larut didalam air. Enzim itu bisa melancarkan rantai panjang protein sehingga zat nya bisa di cerna oleh tubuh. Tempe juga mengandung lemak yang sedikit, sehingga baik untuk penurunan berat badan.

2. Sumber kalsium yang setara dengan susu sapi
Setelah diteliti, kalsium yang ada didalam susu sapi sama dengan empat potong tempe. Penelitian ini, di lakukan di Malaysia, yang telah mengonsumsi tempe tempe dan di ketahui kandungan serta manfaat nya.

3. Satu-satunya sumber vitamin B12 dari nabati
Vitamin B12 yang terkandung didalam tempe mencapai 0.0017 mg, kandungan ini juga sama dengan sumber nabati. Jika seseorang kekurangan vitamin B12 akan memicu pusing, lemas, lelah, dan kulit kering.

4. Sebagai antioksidan
Antioksidan yang terkandung didalamnya juga baik untuk pertumbuhan dan perlawanan terhadap hemolisis sel darah merah. Hemolisis sel darah merah ini diakibatkan karena kekurangan vitamin E. Senyawa antioksidan ini seperti gyorgy, murata, dan ikehata.

5. Sehat untuk bayi dan Anda yang sedang diet
Selain buah-buahan dan sayur-sayuran, tempe juga bernutrisi untuk bayi dan anda yang sedang melakukan diet. Karena untuk bayi, menjadi pengganti asi dan untuk diet, karena lemak pada tempe rendah.