Makanan Yang Mengandung Enzim Ini Bisa Menyebabkan Kita Sering Kentut

Makanan Yang Mengandung Enzim Ini Bisa Menyebabkan Kita Sering Kentut

Informasi Terkini – Kelepasan kentut di tempat umum merupakan hal yang memalukan, terlebih bila kentut Anda memiliki aroma tak sedap. Mungkin beberapa kali Anda bisa mengungsi ke tempat yang sepi, namun bila dalam satu hari rasa ingin buang angin ini datang terlalu sering, lama-lama Anda tentu kewalahan. Apa yang menyebabkan Anda jadi kentut terlalu sering? Apa jenis makanan pemicu sering kentut? Selain peningkatan aktivitas bakteri, sering buang angin juga dipicu oleh konsumsi beberapa makanan tertentu. Jenis makanan pemicu sering kentut itu di antaranya:

Makanan yang mengandung rafinosa, yang terdiri dari galaktosa, glukosa dan fruktosa. Makanan seperti kubis, brokoli, dan asparagus biasanya mengandung rafinosa. Kandungan rafinosa dalam dosis banyak juga ditemukan pada kacang.
Amilum. Kebanyakan amilum terdapat pada kentang, jagung, dan gandum. Makanan jenis ini menghasilkan gas saat dihancurkan dalam usus besar.
Fruktosa, yang banyak ditemukan pada beberapa buah dan minuman manis seperti minuman bersoda dan jus buah dalam kemasan.
Sorbitol (gula pengganti), yang banyak ditemukan dalam permen bebas pemanis dan permen karet.
Serat. Serat terdiri dari serat yang mudah larut dan serat tak mudah larut. Serat mudah larut mengandung lebih banyak gas dan ia takkan hancur hingga ia mencapai usus besar. Sedangkan serat tidak mudah larut dengan mudah terserap saat melalui usus dan hanya menghasilkan sedikit gas.