Manfaat Buah Berry Untuk Kecantikan

Manfaat Buah Berry Untuk Kecantikan

Informasi Terkini – Strawberry, blueberry, hingga blackberry (bukan ponsel ya) pastinya pernah Anda dengar dan mungkin beberapa sudah Anda konsumsi juga. Beberapa di antara keluarga berry ini bahkan dilabeli superfood, makanan yang kaya nutrisi untuk menjaga kesehatan. Jika diambil rata-rata, buah berry biasanya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, bagus untuk mencegah kolesterol, membantu mengatasi diabetes. Lalu, bagaimana dengan manfaat buah berry untuk kecantikan?

Di antara semua jenis buah berry yang ada, lima buah ini dianggap yang paling memiliki khasiat lebih. Mereka adalah cranberry, blackberry, strawberry, blueberry, dan raspberry. Kandungan anti-oksidannya termasuk yang paling tinggi. Begitu juga dengan kandungan vitamin C di dalamnya.

1. Sebagai Anti-Oksidan

"Buah berry yang berwarna merah, ungu, atau hitam biasanya memiliki tingkat anti-oksidan yang sangat tinggi,” ujar Kimberly Snyder, penulis ‘The Beauty Detox Solution’. Satu contohnya, yaitu blackberry, mengandung anthocyanocides dan polyphenols, adalah anti-oksidan yang cukup efektif menangkal radikal bebas. Tak hanya itu, ada juga vitamin C dan A. Gabungan kandungan ini bisa memperbaiki perbaikan sel kulit yang rusak akibat terpapar sinar UVA dan UVB. Kandungan ini bisa dimanfaatkan dengan dikonsumsi ataupun digunakan secara langsung pada kulit.

2. Sebagai Pencerah Kulit

Karena tingginya kadar vitamin C, buah berry juga sering dipakai sebagai salah satu bahan untuk produk pencerah kulit. Vitamin C berguna untuk merangsang kinerja kolagen, protein yang berpengaruh terhadap kekencangan jaringan kulit. Vitamin ini juga memiliki manfaat baik lain yaitu mencerahkan kulit.

3. Sebagai Pelembap Untuk Kulit Kering dan Berminyak

Buah berry tak hanya kaya akan anti-oksidan, vitamin dan mineral, namun juga dengan asam lemak yang baik untuk tubuh, seperti omega-3 dan omega-6. Blueberry, contohnya, adalah jenis berry yang punya tingkat omega-3 yang paling tinggi. Blueberry juga mengandung omega-6. Kedua asam lemak ini terbukti mampu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kerut halus, jerawat, eczema hingga kulit yang sangat kering atau berminyak sekalipun. Ya, multifungsi!

4. Sebagai Penyehat Rambut

Selain bermanfaat untuk kulit, vitamin C dan anti-oksidan dalam buah berry juga berguna untuk rambut! Manfaatnya yang bagus untuk perbaikan sel akan membantu menyehatkan batang rambut (terutama untuk yang berambut kering dan bercabang), mengembalikan kilau alami, meningkatkan elastisitas rambut, dan menambah volume.