Manfaat Buah Nanas

Buah-buahan memang sangat disarankan untuk dikonsumsi secara rutin agar kita dapat memetik manfaat dari kandungannya. Nah, salah satunya adalah nanas. Buah tropis satu ini mengandung enzim bromelain yang dalam penelitian diungkapkan dapat menyembuhkan luka, mengurangi otot tegang, hingga mencegah penyakit paru-paru.
Penasaran apa manfaat buah nanas lainnya? Simak ulasannya berikut ini.
1. Memerangi Kanker
Enzim yang terdapat dalam nanas tersebut ternyata juga bisa melawan pertumbuhan sel kanker. Hal ini dikarenakan enzim tersebut dapat memicu adanya apoptosis. Nah, apoptosis ini merupakan suatu proses yang dapat membunuh sel-sel yang menyebabkan kanker tapi dapat mempertahankan sel-sel baik dan sehat di dalam tubuh.
2. Mencegah Asma
Bukan hanya enzim, nanas mengandung betakaroten yang ternyata dapat menurunkan risiko penyakit asma. Selain itu, buah ini juga bisa membuang racun dalam tubuh dan membuat tubuh menjadi semakin sehat.
3. Vitamin C
Vitamin sangat dibutuhkan untuk tubuh manusia. Salah satunya vitamin C. Buah nanas ternyata juga mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga akan terhindar dari virus atau bakteri penyebab penyakit.
Bukan hanya itu, vitamin C juga baik untuk merawat kulit yang iritasi akibat sengatan sinar matahari atau luka.
4. Meningkatkan Pencernaan
Semua buah memang dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Nah, nanas pun demikian. Buah ini dapat membantu mencerna protein menjadi peptida dan asam amino. Akhirnya, saluran pencernaan pun akan lancar dan baik.
5. Menjaga Kesehatan Mental
Kamu yang sedang badmood, ada baiknya untuk mengonsumsi nanas. Dalam penelitian disebutkan bahwa buah ini dapat mengurangi depresi dan kecemasan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam amino triptofan yang dapat membantu meningkatkan produksi serotonin.