Manfaat Daun Katuk Yang Dapat Meningkatkan Produksi ASI

Manfaat Daun Katuk Yang Dapat Meningkatkan Produksi ASI

Informasi Terkini – Pernahkah Anda mengonsumsi daun katuk? Tahukah Anda bahwa daun yang memiliki nama Latin Sauropus Androgynus ini dapat bermanfaat bagi ibu menyusui? Ya, daun yang memiliki warna hijau tua ini bisa membuat ibu menyusui memiliki produksi air susu ibu atau biasa dikenal dengan ASI meningkat. Hal ini tentu dapat menyehatkan bayi karena pemberian ASI yang maksimal akan membuat pertumbuhan dan perkembangan bayi semakin baik.
Dalam daun katuk terdapat berbagai kandungan yang sangat bermanfaat. Kandungan tersebut dibuktikan dalam studi yang dilakukan Sa’roni, Sadjamin, dan tim penelitinya. Penelitian tersebut kemudian dirangkum dalam studi berjudul ‘Efektivitas Ekstrak Daun Sauropus Androgynoud Dalam Meningkatkan Status Produksi ASI Ibu’.
Setelah melakukan penelitian pada daun katuk, kemudian disimpulkan bahwa memang daun ini dapat membuat produksi ASI meningkat hingga 50,7 persen. Hal ini dikarenakan dalam daun katuk terdapat steroid dan polifenol yang membuat kadar hormon prolaktin yang dapat memperlancar produksi ASI meningkat.
Selain itu, dalam daun katuk juga terdapat asam folat serta beberapa vitamin, yakni A, B dan C yang membuat tubuh ibu menyusui yang mengonsumsinya semakin sehat dan bernutrisi.
Meski begitu, ibu menyusui juga perlu mengonsumsi makanan yang dapat memenuhi gizi seimbang. Dengan begitu, ibu bisa sehat dan memproduksi ASI secara maksimal.
Sering menyusui juga membuat produksi ASI semakin meningkat.