Manfaat Kandungan Birch Water Untuk Kecantikan

Manfaat Kandungan Birch Water Untuk Kecantikan

Informasi Terkini – Dalam dunia skin care, penggunaan kandungan-kandungan yang mungkin namanya terdengar asing sudah cukup biasa. Mulai dari beberapa yang umum seperti shea butter, aloe vera, atau almond oil, hingga beberapa yang cukup unik seperti lendir siput atau racun lebah. Selain itu, ada pula beberapa kandungan skin care yang namanya semakin naik karena menjadi kandungan utama beberapa produk dari brand ternama, seperti centella asiatica dan birch sap.

1. Apa itu birch water?

Birch water atau birch sap adalah air yang berasal dari pohon Birch, yang kerap disebut sebagai pohon kehidupan. Pohon birch banyak ditemukan pada bagian utara Eropa, terutama di Scandinavia, dan telah sejak lama dianggap sebagai tumbuhan obat dan digunakan untuk kebutuhan medis. Selain dapat dikonsumsi, birch water juga banyak banyak digunakan dalam produk perawatan kulit.

Dilansir dari Refinery29, Evelyn Liddell, seorang apoteker di Weleda, menjelaskan bahwa pohon birch kaya akan nutrisi dan memiliki proses purifikasi yang optimal, dan dapat menghasilkan cairan secara efisien. Menurut riset dari University of Lancaster, ditemukan juga bahwa pohon birch dapat mengurangi kadar polusi di area sekitarnya hingga 50%.

2. Kandungan dalam birch water dan manfaatnya untuk kecantikan

Birch water terkenal akan khasiatnya untuk mengurangi inflamasi, membantu purifikasi, dan memberikan efek melembapkan saat digunakan dalam produk skin care. Ukuran molekulnya yang kecil membuat birch water dapat dengan mudah diserap kulit. Birch water memiliki kandungan 17 asam amino, mineral, enzim, protein, anti-oksidan, dan vitamin yang meliputi:

Vitamin A: membantu mengurangi garis halus dan mendorong aliran darah ke kulit untuk memberikan rona kulit yang sehat dan glowing. Vitamin A juga akan membantu mengurangi kulit dari dampak buruk sinar UV.
Vitamin B3: membantu meratakan warna kulit.
Vitamin B5: mendorong proses pemulihan kulit.
Vitamin B12: mencegah terjadinya hiperpigmentasi.
Vitamin C: memperlambat proses penuaan kulit dan mencegah terbentuknya kerutan halus.
Nah, berkat kandungan birch water yang kaya akan kebaikan untuk kulit, birch water turut memiliki banyak manfaat untuk kulit.

Charlotte Cho, juga menyebutkan bahwa birch water dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan melindungi fungsi skin barrier. Bahkan, birch water juga disebutkan dapat memberikan kelembapan lebih banyak ketimbang hyaluronic acid yang terkenal akan kemampuannya melembapkan kulit, lho!

Cho menambahkan bahwa penggunaan birch water sangat populer dalam dua tahun belakangan, karena kandungannya yang gentle namun dapat menghidrasi dengan efektif. Seringkali, birch water juga digunakan sebagai pengganti air dalam formulasi skin care. Berkat kandungannya yang lightweight atau ringan, produk skin care dengan birch water umumnya dapat digunakan di bawah makeup dan dapat digunakan oleh semua jenis kulit sehari-hari.