Manfaat Ketan Hitam Bagi Kesehatan Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Manfaat Ketan Hitam Bagi Kesehatan Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Informasi Terkini – Di Indonesia kita dengan mudah menjumpai berbagai macam makanan yang dibuat dengan olahan dari ketan hitam, seperti bubur, kue, hingga tape. Tapi tahukah Anda, dibalik rasanya yang legit ternyata ketan hitam memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, lho! Hal ini disebabkan karena ketan hitam mengandung beberapa zat bermanfaat, seperti anthocyanin, zat besi, protein, karbohidrat, serat, vitamin E, serta mineral seperti kalium, natrium (sodium), magnesium, dan zinc. Lantas apa saja sebenarnya manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi ketan hitam? Cari tahu selengkapnya di sini!

1. Meningkatkan Imunitas

Dalam bulir-bulir ketan hitam terdapat zat antosianin yang berfungsi sebagai anti-oksidan. Kandungan anti-oksidan inilah yang membuat ketan hitam memiliki manfaat untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Anti-oksidan di dalam ketan hitam dapat menangkal radikal bebas, racun, hingga melawan kanker dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, ketan hitam juga memiliki manfaat untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit berkat kandungan vitamin E di dalamnya.

2. Melancarkan Pencernaan

Diketahui jika ketan hitam memiliki kandungan serat paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis padi-padian lainnya. Serat yang ada pada ketan hitam ini sangat penting dalam menjaga kesehatan usus. Selain itu, serat juga dapat membantu menurunkan berat badan, tekanan darah, dan kolesterol. Menurut beberapa penelitian, beras ketan hitam juga mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Dengan mengonsumsi ketan hitam, Anda dapat terhindari dari masalah pencernaan.

3. Menjaga Berat Badan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ketan hitam kaya akan kandungan serat. Serat yang bisa kita dapatkan dari ketan hitam tak hanya bisa mencegah terjadinya masalah pencernaan, namun juga memiliki manfaat untuk mempertahankan berat badan ideal Anda, lho! Mengonsumsi makanan yang tinggi serat, termasuk ketan hitam, dapat membuat kita merasa lebih cepat kenyang. Rasa kenyang yang kita rasakan juga cenderung bertahan lama sehingga jumlah porsi makan kita pun dapat terkontrol dan berat badan akan terjaga. Oleh karena itu, tak jarang ketan hitam dijadikan sebagai salah satu menu bagi orang-orang yang sedang berdiet.

4. Membantu Proses Pembentukan Sel dan Jaringan

Protein diketahui merupakan salah satu zat penting yang diperlukan tubuh guna membantu proses pembentukan serta regenerasi sel dan jaringan. Nah, ketan hitam sendiri juga dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang kaya akan kandungan protein. Karena itu, ketan hitam juga dipercaya dapat membantu membentuk sel dan membangun jaringan tubuh, termasuk jaringan kulit dan tulang. Tak hanya itu, ketan hitam juga dapat mengatasi masalah inflamasi berkat kandungan anthocyanin yang tinggi.

5. Mencegah Anemia

Salah satu penyebab seseorang dapat mengalami anemia adalah karena kurangnya jumlah zat besi yang ada di dalam tubuh. Oleh karena itu, agar tidak terkena anemia atau kekurangan darah, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Selain bayam, ketan hitam juga merupkan salah satu jenis makanan yang banyak mengandung zat besi yang berfungsi membantu pembentukan sel darah merah. Kandungan zat besi yang ada pada ketan hitam sangat tinggi hingga 15,22 ppm sehingga dengan mengonsumsinya, Anda dapat terhindar dari keluhan badan yang letih, lemah, dan lesu akibat kekurangan darah.