Manfaat Kunyit Bagi Perawatan Kulit

Untuk mendapatkan kulit sehat dan cerah tentunya membutuhkan perawatan kulit yang maksimal. Saat ini, beragam jenis perawatan untuk kulit sudah banyak dan mudah untuk didapatkan. Mulai dari perawatan salon hingga perawatan alami dengan bahan yang sederhana dan mudah ditemukan.
Nah, salah satunya kunyit. Seperti yang kita tahu, kunyit merupakan bahan dapur yang banyak khasiatnya. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, kunyit juga bisa merawat kulit yang bermasalah.
Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 1 ons kunyit memiliki kandungan serat, kalium, magnesium dan beberapa vitamin, seperti vitamin C dan vitamin B6. Mengonsumsi kunyit dapat memberikan 26% nutrisi mangan dan 16% zat besi yang dibutuhkan harian tubuh.
Tapi, apa saja sebenarnya manfaat kunyit bagi kulit? Kamu bisa mendapatkan informasinya di bawah ini.
1. Meredakan peradangan
Peradangan pada kulit memang menjadi masalah bagi kesehatan kulit. Tapi, kamu bisa memanfaatkan kunyit karena mengandung antiinflamasi dan antibakteri yang membantu mengurangi peradangan yang terjadi.
2. Mengatasi jerawat
Jerawat merupakan masalah kulit yang sering terjadi pada banyak orang. Penyebab munculnya jerawat pun beragam, mulao dari hormon hingga penumpukan kotoran pada pori-pori kulit.
Menggunakan masker kunyit secara rutin pada kulit yang berjerawat dapat menjadi antiseptik alami untuk mengatasi dan mencegah bakteri jerawat.
3. Merawat dampak sinar UV
Saat beraktivitas di luar ruangan, kita disarankan untuk selalu menggunakan sunblok atau sunscreen agar kulit tetap terlindungi. Hal ini dikarenakan sinar UV dapat membuat kulit terbakar.
Nah, kunyit bisa menjadi salah satu cara mengatasi hal tersebut. Tak hanya itu, kunyit bisa menyamarkan tanda penuaan dini akibat terlalu sering terpapar sinar matahari
4. Mengurangi stretch mark
Stretch mark memang kondisi kulit yang sulit untuk dihilangkan. Tapi, apa salahnya kamu mencoba perawatan kunyit. Kunyit mengandung antioksidan yang dapat masuk ke lapisan kulit sehingga mendorong penyembuhan lebih cepat
5. Melembutkan kulit kering
Kulit kering biasanya menjadi masalah tersendiri bagi kulit. Tapi, kunyit dapat menghidrasi kulit dan membuatnya tetap lembap sehingga dapat mencegah masalah kekeringan.