Manfaat Yang Bisa Anda Rasakan Dengan Rutin Berkumur Air Garam

Manfaat Yang Bisa Anda Rasakan Dengan Rutin Berkumur Air Garam

Informasi Terkini – Garam merupakan salah satu bumbu yang wajib tersedia di dapur. Lebih dari sekadar memberikan rasa asin pada makanan, konsumsi garam juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, selama takarannya tidak berlebihan. Selain dengan cara dikonsumsi, ternyata kita juga bisa merasakan manfaat garam dengan cara berkumur menggunakan air garam. Penasaran dengan manfaat berkumur air garam? Keep scrolling!

1. Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Salah satu cara alami untuk mengobatinya adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Mineral ini memiliki kemampuan untuk mengikat air. Saat dikumur, air garam dapat membantu mengikat cairan dan bakteri yang berada di tenggorokan. Dengan terbilasnya bakteri, proses penyembuhan pun dapat berlangsung dengan lebih cepat. Nah, untuk masalah yang satu ini, pastikan untuk berkumur sambil mengadahkan kepala agar air garam sampai ke area tenggorokan.

2. Melegakan Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat dapat terjadi saat kita mengalami beberapa kondisi, seperti pilek, flu, alergi, hingga sinusitis. Untuk membantu melegakan pernapasan, Anda bisa berkumur dengan air garam. Cara ini dapat menghilangkan penumpukan lendir pada saluran pernapasan dan rongga hidung. Berkumur dengan air garam juga membantu membunuh bakteri atau virus yang terdapat pada mulut kita.

3. Menghilangkan Bau Mulut

Punya masalah dengan bau mulut? Anda bisa mengatasinya dengan berkumur menggunakan air garam. Cara ini berlaku untuk bau mulut yang timbul akibat konsumsi makanan beraroma kuat, seperti bawang putih, atau akibat halitosis yang merupakan penyakit bau mulut. Berkumur menggunakan air garam dapat menetralkan asam pada mulut dan mengembalikannya ke pH semula, serta membilas bakteri pada mulut yang menjadi penyebab munculnya bau tidak sedap.

4. Meringankan Sariawan

Garam memiliki kemampuan osmosis, membunuh bakteri, serta mengurangi rasa nyeri. Berkumur air garam saat sariawan dapat membantu membunuh bakteri, serta mengurangi rasa nyeri. Jika belum berada pada kondisi yang terlalu parah, proses penyembuhan luka pada sariawan pun dapat berlangsung lebih cepat jika dibantu oleh air garam. Namun perlu diingat, cara ini hanya dapat meringankan, bukan untuk mengobati sariawan secara instan.

5. Meredakan Gusi Bengkak

Air garam dipercaya mampu mencegah pertumbuhan bakteri, sekaligus mengatasi peradangan. Inilah yang membuat kebiasaan berkumur dengan air garam dapat menjadi solusi bagi Anda yang sedang mengalami gusi bengkak. Kumurlah dengan air garam selama satu menit pada area gusi yang mengalami pembengkakan.