Masih Merasakan Sakit Batu Empedu? Mungkin Ini Alasannya

Masih Merasakan Sakit Batu Empedu? Mungkin Ini Alasannya

Informasi Terkini – Tak menutup kemungkinan batu empedu bisa kambuh bahkan setelah operasi pengangkatan kantong empedu. Peluang kekambuhan ini tercatat terjadi pada hingga 24 persen pasien yang telah operasi dalam 15 tahun pertama semenjak batu empedu mereka yang pertama. Ada beberapa alasan kenapa batu empedu kambuh setelah kantong empedu diangkat, termasuk:

-Genetik. Kemunculan atau kekambuhan batu empedu lebih mungkin terjadi jika ada riwayat keturunan di keluarga Anda. Batu empedu juga lebih mungkin terjadi pada wanita dan lansia.

-Berat badan. Obesitas dapat meningkatkan kadar kolesterol sehingga membuat hati lebih sulit untuk menguras kelebihan kolesterol dalam tubuh.

-Diabetes. Orang-orang yang punya diabetes cenderung punya kadar trigliserida tinggi, yang merupakan faktor risiko batu empedu.

-Gaya hidup dan obat tertentu. Jika Anda menjalani diet terlalu keras sehingga berat badan turun drastis, hati jadi memproduksi ekstra kolesterol yang bisa menyebabkan batu empedu.

-Sedang konsumsi obat tertentu. Minum obat penurun kolesterol juga bisa menjadi penyebab batu empedu kambuh lagi. Pasalnya, efek samping beberapa obat ini meningkatkan jumlah kolesterol dalam cairan empedu sehingga meningkatkan peluang batu empedu Anda kembali lagi.

Selain berbagai alasan di atas, selama prosedur pengangkatannya, batu empedu mungkin bisa lolos dari kantong empedu ke dalam tabung selang saluran empedu utama atau saluran empedu lainnya. Batu empedu yang "nyasar” dan menyumbat ini kemudian dapat menyebabkan nyeri dan keluhan lainnya yang sama seperti gejala batu empedu pendahulunya — bahkan setelah kantong empedu diangkat. Meski begitu, peluang batu empedu kambuh dari skenario ini cukup rendah