Masker Olahan Telur Yang Bisa Anda Buat Di Rumah Untuk Mengatasi Permasalahan Kulit

Masker Olahan Telur Yang Bisa Anda Buat Di Rumah Untuk Mengatasi Permasalahan Kulit

Informasi Terkini – Dengan kandungan protein dan nutrisi yang tinggi, tahukah Anda kalau telur yang selama ini tersimpan dalam kulkas di dapur memiliki deretan manfaat yang baik untuk kulit? Beberapa manfaat telur untuk kecantikan di antaranya adalah menghaluskan dan mengencangkan kulit, membersihkan pori-pori, membantu mengontrol produksi minyak, hingga membantu mengatasi jerawat. Nah, untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mengolah telur menjadi masker yang sesuai untuk permasalahan kulit masing-masing. Mulai dari kulit kering, jerawat, serta komedo semuanya bisa teratasi dengan masker olahan telur berikut. Yuk, coba buat di rumah!

1. Kulit Normal

Meskipun memiliki kulit normal, tentu Anda tetap harus merawatnya agar selalu sehat. Nah, untuk mencerahkan, melembutkan, serta menutrisi wajah, Anda bisa menggunakan masker perpaduan telur dan madu. Tentu Anda sudah tahu dong, kalau madu sudah sejak lama terkenal akan deretan khasiatnya untuk kulit. Untuk membuat masker ini, campuran putih telur ayam kampung dengan madu hingga merata, oleskan pada wajah dan tunggu hingga kering. Setelahnya, basuh wajah dengan air hangat hingga bersih. Hasilnya kulit Anda akan terasa jauh lebih lembut dan lembap. Asyiknya, masker olahan telur ini cukup murah meriah, ya!

2. Kulit Kering

Memiliki kulit kering tentu akan mempengaruhi hasil akhir tampilan makeup Anda. Tidak mau kan foundation terlihat patchy karena kulit Anda kering? Nah, untuk membantu melembapkan kulit wajah, Anda bisa mengombinasikan putih telur dan alpukat menjadi masker. Untuk membuatnya, hasilkan daging buah alpukat yang sudah matang, kemudian aduk hingga merata bersama putih telur ayam kampung. Oleskan pada wajah hingga mengering, kemudian basuh dengan air hangat hingga bersih. Alpukat yang kaya akan anti-oksidan, asam amino, dan minyak esensial akan menutrisi sekaligus melembapkan kulit Anda. Tidak hanya itu, masker ini juga dapat mengurangi lingkaran hitam di bawah mata, lho!

3. Kulit Berminyak

Nah, untuk Anda pemiliki kulit berminyak, masker perpaduan telur dan lemon ini bisa Anda coba. Kandungan magnesium dan vitamin C yang terkandung pada lemon dapat membantu mengontrol produksi minyak pada wajah. Bahkan, kandungan lemon juga dikenal ampuh untuk menyamarkan noda bekas luka dan jerawat, lho! Untuk membuatnya, campurkan air perasan lemon dengan putih telur ayam kampung hingga tercampur rata. Kemudian oleskan pada wajah, diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih. Oh iya, Anda bisa mengganti lemon dengan menggunakan jeruk nipis yang juga dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati.

4. Kulit Berjerawat

Jika jerawat adalah masalah utama Anda, yuk, coba masker dari kombinasi putih telur dan mentimun! Jerawat disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat hingga meradang. Karenanya, timun yang kaya akan vitamin dan anti-oksidan dikombinasikan dengan telur yang mampu membersihkan pori-pori sangat efektif untuk melawan jerawat. Untuk membuat masker ini, Anda dapat mencampurkan timun yang telah dihaluskan dengan putih telur, kemudian aduk hingga rata. Lalu, oleskan pada wajah secara merata, diamkan hingga kering, kemudian bilas sampai bersih. Psst! Masker ini juga akan mencerahkan sekaligus menyegarkan wajah Anda, lho!

5. Komedo

Salah satu permasalahan kulit yang kerap terjadi adalah komedo membandel, terutama pada area hidung. Nah, dengan bantuan telur, Anda bisa kok mengatasinya. Yang perlu Anda lakukan adalah memisahkan bagian putih telur ayam kampung, kemudian kocok hingga berbusa. Kemudian, aplikasikan hasil kocokan putih telur tersebut pada wajah. Nah, untuk mengangkat komedo yang membandel, tempelkan tisu kering pada area hidung yang telah diolesi masker telur. Tunggu hingga kering, kemudian lepaskan tisu yang akan mengangkat komedo dan bilas wajah hingga bersih menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori.