Mau Lebih Untung Dari Bisnis Kecil-kecilan? Ikuti 5 Langkah Berikut Ini

Mau Lebih Untung Dari Bisnis Kecil-kecilan? Ikuti 5 Langkah Berikut Ini

Informasi Terkini – Menjalankan bisnis agar menguntungkan terkadang tak semudah seperti kelihatannya, bahkan untuk bisnis kecil-kecilan sekalipun. Ada bisnis yang meledak di awal, namun tak bisa bertahan lama. Ada juga yang bisa bertahan, tapi hanya sedikit keuntungan yang diraih sehingga tak bisa berkembang pesat. Bagi Anda yang ingin meningkatkan keuntungan bisnis, ada baiknya mengikuti tips berikut ini.

1. Pastikan Bahwa Uang yang Dikeluarkan Menghasilkan Uang

Penggunaan uang yang tepat sangatlah penting dalam bisnis, meskipun masih dalam skala kecil. Anda bisa menggunakan pinjaman bank untuk mengembangkan bisnis. Namun ingat, maksimalkan penggunaan uang untuk mendatangkan profit karena Anda harus membayar bunga. Jangan sampai uang pinjaman tersebut Anda gunakan untuk sesuatu yang kurang penting, apalagi untuk kepentingan pribadi.

2. Jaga Pelanggan yang Sudah Ada

Memperluas pasar memang perlu, namun yang lebih penting sebenarnya adalah menjaga pelanggan yang sudah Anda miliki karena merekalah yang saat ini mendatangkan profit. Lebih mudah menjaga pelanggan lama daripada berusaha mendapatkan pelanggan baru. Anda bisa mengembangkan produk baru atau menawarkan produk dalam bentuk paket untuk meningkatkan total penjualan.

3. Kembangkan Kemampuan Negosiasi

Negosiasi juga merupakan skill yang sangat penting dalam berbisnis karena Anda harus berhubungan dengan banyak pihak, termasuk supplier, konsumen, pegawai, dan lain-lain. Misalnya saja ketika Anda harus membeli barang untuk dijual ataupun bahan baku untuk diolah menjadi produk. Dengan kemampuan negosiasi, Anda bisa mendapatkan harga lebih rendah, sehingga bisa meningkatkan profit. Dengan konsumen pun Anda juga perlu bernegosiasi agar konsumen mau dengan sukarela membeli produk, bahkan mungkin dengan kuantitas atau nominal yang lebih besar.

4. Bangun Reputasi Anda

Bisnis saat ini tak bisa lepas dari platform online, sehingga penting sekali bagi Anda untuk mendapatkan reputasi baik di media sosial, e-commerce, dan media online lainnya. Pastikan Anda mendapatkan review bintang 5 dengan memberikan produk dan pelayanan yang memuaskan. Tidak semua konsumen suka memberikan review mereka. Jadi, Anda bisa meminta bantuan konsumen untuk membagikan review positifnya. Jika ada komplain, segera berikan penjelasan dan kompensasi kalau perlu.

5. Jangan Remehkan Follow Up

Banyak pebisnis yang kurang berkembang karena kurang melakukan follow up terhadap pembeli ataupun calon pembeli. Padahal tanpa follow up yang maksimal, usaha promosi Anda akan sia-sia. Anda bisa melakukan follow up melalui chat, email, telepon, ataupun sosial media. Selain follow up secara personal, lakukan juga survei untuk mengetahui keinginan konsumen.