Memasukkan Makanan Ke Dalam Kulkas? Boleh Saja, Tetapi Tidak Untuk Bahan Makanan Ini, Ya!

Memasukkan Makanan Ke Dalam Kulkas? Boleh Saja, Tetapi Tidak Untuk Bahan Makanan Ini, Ya!

Informasi Terkini – Anda pasti sering memasukkan makanan ke dalam kulkas untuk menjaganya lebih awet dan tahan lama. Namun, tahukah Anda, kalau ada beberapa makanan yang sebaiknnya tidak disimpan ke dalam kulkas atau freezer. Alih-alih membuat makanan lebih tahan lama, hal ini justru memberikan efek negatif terhadap bahan makanan tersebut. Mulai dari perubahan tekstur, kehilangan cita rasa hingga kehilangan nutrisi. Bahkan beberapa jenis makanan dapat menimbulkan efek yang berbahaya bagi kesehatan jika disimpan terlalu lama dalam kulkas. Sebenarnya memasukkan makan dalam kulkas, boleh saja kok. Namun, tidak untuk bahan makanan atau minuman di bawah ini, ya!

1. Roti

Makanan pertama yang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam kulkas adalah roti. Banyak orang masih menganggap bahwa memasukkan roti ke dalam kulkas adalah hal tepat untuk mencegah jamur timbul pada roti. Namun, memasukkan roti ke dalam kulkas akan membuat roti menjadi keras atau mengalami proses Retrogradasi. Yaitu proses kristalisasi dan pembentukan matriks pati yang telah mengalami gelatinisasi akibat pengaruh suhu. Akhirnya tekstur roti akan mengeras lebih cepat, mudah berbau dan tidak lagi nikmat saat dikonsumsi. Untuk menghindari hal ini Anda cukup menyimpan roti ke dalam wadah dengan suhu ruangan.

2. Kentang

Bagi penikmat makanan berbahan kentang sepertinya Anda perlu berhati-hati dalam menyimpan jenis sayuran satu ini. Karena menyimpan kentang dalam suhu rendah, seperti di dalam kulkas akan mengubah zat pati pada kentang menjadi zat gula yang bisa memberi efek berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selain itu kentang yang masuk ke dalam kulkas dan digoreng disebut dapat menghasilkan akrilamida kimia, yaitu karsinogenik. Sebuah zat yang bisa meningkatkan risiko kanker. Lalu bagamana cara menjaga daya simpan kentang lebih lama? Anda bisa membungkus kentang ke dalam kantong kertas atau koran. Hal ini akan menjaga kentang tidak terlalu lembap sehingga tidak muncul jamur dan kentang pun dapat bertahan selama 3 minggu.

3. Bawang Bombay dan Bawang Putih

Bawang bombay dan bawang putih yang dimasukkan ke dalam kulkas akan membuat teksturnya menjadi cepat lembek dan layu. Suhu dingin di dalam kulkas akan membuat cita rasanya menjadi berkurang serta mengubah zat pati menjadi zat gula, seperti proses kimia yang terjadi pada kentang. Bawang bombay dan bawang putih sebaiknya disimpan dalam kantong yang memiliki sirkulasi udara baik, atau bisa juga disimpan di dalam kantong kertas.

4. Madu

Bahan makanan berikutnya yang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam kulkas adalah madu. Memasukkan madu ke dalam kulkas bukan membuatnya awet, tetapi malah akan membuat madu menjadi kental, mengeras, bahkan mengkristal. Madu lebih baik disimpan dengan botol atau jar dari kaca yang tertutup dalam suhu ruangan. Dalam menyimpan madu, hindari untuk menaruhnya di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung dan hindari juga menggunakan wadah berbahan logam karena akan menimbulkan reaksi kimia tertentu yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Untuk ketahanannya, Anda tidak perlu khawatir, karena madu dapat disimpan dalam jangka waktu lama hingga bertahun-tahun.

5. Kopi

Biji atau bubuk kopi yang dimasukkan ke dalam kulkas akan kehilangan cita rasanya. Hal tersebut terjadi karena kopi yang dimasukkan ke dalam kulkas akan memungkinkan terjadinya kondensasi, yang mengurangi dan mengubah rasa kopi itu sendiri. Kopi lebih baik disimpan dalam bentuk biji dan dimasukkan dalam kantong atau jar kedap udara. Cara penyimpanan ini akan menjaga cita rasa kopi tetap enak dan tahan lebih lama.