Memilih Homeschooling Untuk Si Kecil? 3 Kategori Website Ini Bisa Menjadi Referensi

Memilih Homeschooling Untuk Si Kecil? 3 Kategori Website Ini Bisa Menjadi Referensi

Informasi Terkini – Homeschooling saat ini semakin banyak dipilih oleh orang tua dibandingkan sekolah konvensional. Homeschooling memang menawarkan berbagai macam keunggulan, seperti anak mendapatkan perhatian yang besar dari pengajar, serta kemampuan anak yang lebih luas karena mereka bisa mendalami bidang yang mereka sukai, di samping mata pelajaran umum. Bagi Anda yang ingin menerapkan homeschooling, cukup banyak informasi yang tersedia di internet. Berikut ini adalah beberapa website yang bisa Anda jadikan referensi untuk memilih jenis homeschooling yang tepat untuk buah hati.

1. Untuk Memahami Filosofi Pendidikan

Banyak sekali metode dan filosofi yang diterapkan dalam pendidikan. Agar Anda tidak kebingungan, Anda bisa memadukan metode dan filosofi yang cocok bagi Anda dan anak. Beberapa website yang dapat menjadi sumber pengetahuan Anda mengenai filosofi pendidikan antara lain;

– Waldorf: sangat menekankan mendidik anak sebagai manusia seutuhnya, yang memiliki kepala, hati, dan tangan.
– Montessori: mengutamakan pengalaman langsung, gerakan, pilihan, dan urutan dalam lingkungan belajar.
– Interested-Led Learning: menjadikan minat anak sebagai dasar dari pendidikan mereka karena mereka percaya bahwa pada dasarnya anak-anak sudah memiliki rasa penasaran dan keinginan dari dalam untuk belajar, sehingga mem

2. Untuk Mendapatkan Kurikulum Homeschooling

Selain metode dan filosofi, kurikulum juga merupakan bagian yang sangat penting untuk homeschooling si kecil. Berikut ini beberapa website yang bisa menjadi referensi;

– Oak Meadow: menyediakan kurikulum dari pre-school hingga SMA, menggunakan metode imaginatif dan berpusat pada anak-anak melalui kegiatan kreatif dan seni, seperti melukis, musik, dan kerajinan tangan.
– Moving Beyond the Page: fokus pada berpikir kritis untuk usia 5-12 tahun, dengan mengedepankan kelebihan dan gaya belajar anak melalui instruksi project-based.
– Homeschool Reviews: mengulas dan memberikan informasi serta review yang cukup bisa dipercaya mengenai ratusan kurikulum yang ditawarkan.

3. Untuk Belajar Online

Homeschooling saat ini jauh lebih mudah dengan adanya internet sebagai salah satu sumber yang memberikan akses ke banyak sekali online tools untuk belajar mandiri, seperti;

– Khan Academy: meliputi berbagai macam mata pelajaran, termasuk matematika, biologi, kimia, fisika, keuangan, dan sejarah, serta dilengkapi dengan video klip pendek dan latihan interaktif.
– Time4Learning: sangat cocok bagi anak yang suka game karena mereka bisa mengakses game edukasi untuk meningkatkan kemampuan matematika, membaca, sains, dan sosial dengan membayar $19.99/bulan.
– Starfall: memfasilitasi anak untuk belajar membaca dengan cara yang interaktif melalui phonics, dengan bermain game, menonton video pendek, dan membaca buku.