Mengenali Penyebab Dan Penyembuhan Prosopagnosia

Mengenali Penyebab Dan Penyembuhan Prosopagnosia

Informasi Terkini – Saat bertemu dengan orang baru, biasanya kita akan mudah mengingat wajahnya daripada namanya. Namun, ada sebagian orang yang justru tidak dapat mengingat wajah orang lain, meski setiap hari bertemu. Hal itu merupakan masalah kesehatan yang disebut prosopagnosia.
Kelainan sistem saraf yang terjadi pada bagian otak yang berperan untuk mengingat wajah membuat seseorang bisa tidak mengingat wajah orang lain. Bahkan, bila sudah parah, orang tersebut juga bisa tidak mengenali wajahnya sendiri.
Namun, prosopagnosia itu apa penyebabnya?
1. Developmental Prosopagnosia
Penyebab orang mengalami prosopagnosia salah satunya yaitu bawaan dari lahir. Biasanya ini berkaitan dengan kelainan genetik yang menurun dalam keluarga. Penderita juga mungkin tidak menyadari bahwa ia mengalami kelainan tersebut.
2. Acquired Prosopagnosia
Sementara, yang ini merupakan akibat dari trauma yang terjadi pada otak. Akibat dari kecelakaan, stroke, dan hal yang menyerang bagian otak yang mengatur memori untuk mengingat wajah bisa menyebabkan prosopagnosia. Penderita biasanya akan langsung menyadari kelainan tersebut.
Dari kedua penyebab tersebut, kita tentunya tahu tanda-tanda seseorang mengalami prosopagnosia. Saat tiba-tiba atau baru saja mengalami trauma dan tidak bisa mengingat wajah seseorang yang biasa dekat atau keluarga, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter ahli saraf. Dokter akan melakukan pemeriksaan awal hingga ditemukan apa penyebabnya.
Hingga saat ini, masalah prosopagnosia belum bisa disembuhkan. Para penderita biasanya akan mengingat seseorang dari aspek lain, seperti cara berjalan, berbicara, model rambut, dan lainnya.