Merasa 8 Jam Tak Cukup Untuk Menyelesaikan Pekerjaan? Mungkin Ini Penyebabnya

Merasa 8 Jam Tak Cukup Untuk Menyelesaikan Pekerjaan? Mungkin Ini Penyebabnya

Informasi Terkini – 1. Terlalu banyak meeting yang tak efektif

Dalam beberapa studi yang melakukan penelitian tentang beberapa hal yang membuat karyawan tidak bisa produktif dan banyak membuang waktu di kantor, terlalu banyak rapat yang tidak efektif menjadi salah satu penyebab utamanya. Apalagi bila karyawan harus mengikuti rapat dengan peserta dalam jumlah besar dan proses yang terlalu lama serta membosankan. Bila Anda adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk rapat yang dilaksanakan di kantor, pastikan rapat telah direncanakan dengan baik agar tidak banyak waktu terbuang dengan percuma.

2. Bergosip dengan rekan kerja

Saat sedang fokus mengerjakan dan menyelesaikan deadline pekerjaan, ada seorang rekan kerja yang membuyarkan konsentrasi Anda dengan membicarakan gosip tentang artis atau rekan kerja lainnya. Hal tersebut bisa menjadi penyebab pekerjaan Anda menjadi tertunda bahkan tak terselesaikan, lho. Selain membuang-buang waktu, terlalu banyak bergosip dengan rekan kerja akan membuat Anda dan orang yang digosipkan mendapatkan pandangan negatif yang membuat suasana kerja menjadi tidak kondusif sehingga Anda menjadi tidak nyaman dalam bekerja.

3. Gaya bekerja yang kurang tepat

Cara dan proses yang dilakukan dalam menyelesaikan pekerjaan seringkali menjadi penyebab dari tidak cukupnya waktu yang disediakan. Perkembangan dalam dunia pekerjaan menuntut setiap karyawan juga semakin mengembangkan diri dan mencari metode yang semakin baik dalam mengerjakan sebuah pekerjaan. Bila Anda ingin semua pekerjaan selesai dengan baik dan pulang kantor tepat waktu, cobalah untuk mencari metode yang lebih tepat dengan menentukan skala prioritas, menghindari multitasking dan set alarm untuk setiap tugas yang dikerjakan.

4. Terlalu sering melihat telepon genggam

Telepon genggam sudah sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, hingga setiap aspek kehidupan tidak bisa lepas darinya. Namun, bukan berarti Anda bisa terlalu banyak menghabiskan waktu membuka dan mengecek setiap notifikasi yang masuk pada gawai Anda, terutama saat sedang fokus mengerjakan deadline di kantor. Apalagi bila Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk scrolling media sosial dan chatting di grup yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Saat sedang dihadapkan dengan banyak deadline pekerjaan, sebisa mungkin hindari terlalu banyak mengecek telepon genggam dan matikan notifikasi yang sekiranya akan membuyarkan konsentrasi Anda dalam bekerja.

5. Gangguan dari lingkungan

Dalam lingkungan kerja, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda akan bekerja dalam suasana kantor yang tidak tenang, rekan kerja yang berbicara terlalu keras serta gangguan eksternal lainnya. Kondisi tersebut juga bisa menyebabkan Anda kehilangan fokus dan konsentrasi saat sedang menyelesaikan deadline pekerjaan. Gangguan yang bersifat eksternal seringkali sulit bahkan tidak bisa dihindari. Untuk itu, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah berinvestasi dengan membeli headphone agar Anda bisa lebih fokus dan tidak terganggu dalam bekerja.