Merasa Bawa Terlalu Banyak Barang Saat Traveling? Cek Dulu, Mungkin Ini Dia Penyebabnya!

Merasa Bawa Terlalu Banyak Barang Saat Traveling? Cek Dulu, Mungkin Ini Dia Penyebabnya!

Informasi Terkini – Packing atau menata barang saat hendak melakukan perjalanan liburan bisa menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika Anda selalu terjebak dengan banyak barang dan merasa kesulitan menentukan prioritas barang yang akan dibawa. Membawa terlalu banyak barang yang pada akhirnya tidak Anda butuhkan selama traveling, tidak hanya akan membuat Anda kerepotan saat sedang melakukan perjalanan tetapi juga bisa membuat biaya membengkak. Sebenarnya, apa saja yang membuat Anda membawa terlalu banyak barang saat traveling? Yuk, coba cek dulu, mungkin beberapa alasan ini yang menjadi penyebabnya!

1. Terlalu Banyak Kegiatan dan Rencana

Wish list yang terlalu banyak saat merencanakan liburan bisa menjadi salah satu alasan Anda membawa terlalu banyak barang saat traveling. Banyaknya kegiatan yang akan dilakukan selama liburan membuat Anda harus membawa banyak barang juga, seperti pakaian, alas kaki, dan lain sebagainya. Sebenarnya berencana untuk mengunjungi banyak destinasi wisata dan melakukan berbagai aktivitas selama traveling memang sah-sah saja, tetapi Anda juga perlu memerhitungkan waktu yang Anda miliki supaya tidak mengalami Post-Vacation Blues setelah kembali dari liburan, ya.

2. Tidak Membuat Daftar Barang yang Akan Dibawa

Meski terkesan sepele, membuat checklist atau daftar barang yang harus dibawa saat akan pergi liburan menjadi hal yang sangat penting. Hal ini bertujuan untuk membantu Anda menentukan barang apa saja yang akan dibawa dan memilih mana yang akan menjadi prioritas bila sudah terlalu banyak yang ada dalam daftar tersebut. Selain menghindari membawa barang terlalu banyak saat traveling, membuat daftar barang yang harus dibawa bisa membantu Anda menjadi lebih terorganisir dan tidak melupakan barang yang penting. Hindari juga melakukan last minute packing, ya.

3. Menggunakan Tas yang Terlalu Besar

Setelah dapat menentukan prioritas, keuntungan lain dari menyiapkan daftar barang yang akan dibawa selama traveling adalah setelahnya bisa menentukan tas yang akan Anda gunakan. Anda mungkin memiliki beberapa jenis tas yang bisa dipilih saat melakukan perjalanan. Jangan sampai terbalik, menentukan tasnya dahulu baru menentukan barangnya, karena jika Anda memilih tas yang terlalu besar, maka besar kemungkinan juga Anda membawa terlalu banyak barang. Padahal sebenarnya Anda hanya membutuhkan tas yang tidak terlalu besar dan sudah muat membawa semua keperluan yang Anda butuhkan.

4. Terlalu Memikirkan Kemungkinan Terburuk

Saat sedang melakukan traveling, khususnya ke destinasi wisata yang baru dan belum pernah dikunjungi bisa membuat rencana yang sudah dibuat tidak bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan ekspektasi. Namun, terlalu banyak memikirkan kemungkinan terburuk saat traveling bisa membuat Anda pada akhirnya membawa terlalu banyak barang. Untuk menghindari situasi ini terjadi, persiapkan rencana liburan sejak jauh-jauh hari supaya bisa memertimbangkan dengan matang karena Anda masih memiliki banyak waktu untuk mencari tahu tentang cuaca yang ada di tempat tujuan dan memersiapkan barang yang benar-benar akan Anda butuhkan.

5. Kurang Efektif Membawa Barang

Bila tidak dapat menentukan dengan tepat barang-barang yang akan dibawa traveling, pada akhirnya Anda bisa membawa terlalu banyak barang. Setelah membuat checklist daftar barang yang akan dibawa, Anda harus memilah pakaian dengan bijak, membawa barang multifungsi untuk berbagai kegiatan, serta memilih skin care dan makeup dalam ukuran travel size. Efektif dan bijak dalam menentukan barang yang akan Anda bawa selama traveling bisa membantu mengurangi barang yang akhirnya memenuhi tas atau koper Anda.