Merasa Lapar Setelah Berolahraga? Sebaiknya Anda Tidak Mengonsumsi Beberapa Makanan Ini

Merasa Lapar Setelah Berolahraga? Sebaiknya Anda Tidak Mengonsumsi Beberapa Makanan Ini

Informasi Terkini – Dalam menjalani pola hidup sehat, Anda akan dituntut untuk lebih memperhatikan asupan setiap makanan yang dikonsumsi. Selain berolahraga secara rutin serta menghindari makanan tidak sehat seperti junk food, Anda juga perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi pascaberolahraga, lho. Kebanyakan orang berpikir kalau makanan yang dikonsumsi selepas olahraga tidak perlu spesifik dan asal kenyang. Padahal, ada beberapa menu yang jadi pantangan dan sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pascaberolahraga. Yuk, temukan apa saja lima menu yang sebaiknya tidak Anda konsumsi di artikel berikut ini.

1. Sayuran Mentah

Meski terkesan sehat, tapi nyatanya sayur-sayuran mentah seperti wortel, seledri, brokoli atau paprika tidak disarankan untuk dikonsumsi selepas berolahraga. Makanan ini memiliki kandungan rendah kalori dan lemak, sehingga tidak akan mampu mengembalikan energi dan mempertahankan tingkat metabolisme. Untuk membuat makanan ini lebih cocok dengan konsumsi setelah olahraga, coba kombinasikan dengan produk kaya kandungan protein seperti yogurt dip.

2. Fast Food

Kentang dan ayam goreng, burger, atau nugget tentu terdengar menggoda selera, terutama untuk memuaskan rasa lapar pascaberolahraga. Namun, jangan keburu terbuai, karena jenis makanan ini termasuk ke dalam makanan yang pantang dikonsumsi setelah olahraga. Tujuan dari berolahraga adalah untuk mengisi glikogen tubuh dan mengurangi jumlah lemak. Sedangkan, junk food kaya akan kandungan lemak yang akan memperlambat pencernaan sehingga membuat aktivitas fisik yang sudah Anda lakukan jadi sia-sia.

3. Camilan Asin

Rasa lapar yang datang setelah selesai berolahraga kadang membuat banyak individu memanfaatkan camilan ringan seperti keripik kentang sebagai pengganjal perut. Padahal, jenis menu yang satu ini sangat dilarang untuk dikonsumsi selepas olahraga. Mengonsumsi makanan asin akan memicu rendahnya tingkat potassium tubuh, padahal tubuh Anda perlu segera pulih dari rasa lelah. Seperti diketahui, potassium merupakan mineral penting dalam tubuh yang berguna untuk menjalankan fungsi sel tubuh kembali, dan mengembalikan kandungan elektrolit yang banyak hilang saat berolahraga. Keripik kentang yang kaya akan sodium dan zat adiktif malah akan membuat kegiatan olahraga yang sudah dilakukan jadi sia-sia.

4. Makanan Pedas

Setelah berolahraga, tubuh baru saja melakukan usaha besar. Kalau Anda mengonsumsi makan pedas yang cenderung sulit dicerna, hal ini tentu akan membuat tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk kembali fit. Sebaliknya, pilih makanan kaya karbohidrat agar energi tubuh kembali normal.

5. Energy Bars

Nah, yang satu ini juga sering kali dikonsumsi setelah berolahraga, padahal kandungan pada energy bar atau granola bar umumnya tidak selalu baik. Satu porsi granola bar dapat mengandung 12 gram gula. Mengonsumsi kandungan gula yang berlebih tentu tidak baik bagi tubuh. Anda bisa mengalami lonjakan energi yang kemudian disusul dengan turunnya kadar gula darah secara mendadak atau biasa disebut sugar crush. Dalam olahraga, kondisi ini akan merusak kontinuitas gerakan latihan Anda.