Merasa Sedih Setelah Menikah? Bisa Jadi Anda Tengah Alami Post Wedding Blues Lho!

Merasa Sedih Setelah Menikah? Bisa Jadi Anda Tengah Alami Post Wedding Blues Lho!

Informasi Terkini – Pernikahan merupakan hal sakral sekaligus menjadi momen bahagia untuk banyak orang. Meski kerap diidentikan dengan perasaan bahagia, nyatanya tidak semua orang merasakan hal tersebut. Ada juga yang merasa sedih, bingung, bahkan tak jarang kerap menunjukkan gejala depresi ringan. Well, apakah Anda sudah menikah dan pernah atau bahkan tengah mengalami hal demikian? Jika iya, itu artinya Anda sedang mengalami post wedding blues!

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Laura Stafford, seorang professor sekaligus direktur dari Bowling Green State University’s School of Media and Communication, serta Allison Scott Gordon, seorang profesor di University of Kentucky’s Department of Communication di tahun 2018 lalu, ditemukan ada 12% dari 152 wanita yang telah menikah dan mengalami depresi pasca pernikahan. Lantas, sebenarnya apa sih yang menyebabkan post wedding blues terjadi? Lalu, bagaimana pula cara mengatasinya?

1. Apa Itu Post Wedding Blues?

Dalam dunia psikologi, post wedding blues disebut dengan postnuptial depression. Secara simpelnya, postnuptial depression diartikan sebagai sebuah sindrom di mana pengantin baru cenderung merasakan kesedihan, bahkan depresi di hari-hari setelah pernikahan. Dilansir dari Mental Healthy, dikatakan bahwa sindrom ini kebanyakan dialami oleh pengantin wanita daripada pria. Jika pada umumnya para pengantin akan melihat pernikahannya sebagai lembaran baru dalam hidup yang akan dijalani dengan kebahagiaan bersama pasangan, mereka yang mengalami post wedding blues menganggap pernikahan adalah kesalahan besar yang mereka lakukan dalam hidup.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, misalnya karena perbedaan dan perubahan kondisi secara drastis dan mendadak. Sebelum menikah, wanita umumnya begitu fokus menyiapkan segala hal untuk pesta pernikahan agar berjalan dengan sempurna. Namun, setelah semua persiapan dan acara sudah terlewat, mereka pun akan menemui masalah-masalah baru dalam hubungan rumah tangga. Meski merupakan hal yang wajar, namun jika tidak mempersiapkan diri secara matang, wanita akan jadi lebih emosional saat menghadapi suatu masalah. Selain itu, bisa jadi perubahan perasaan yang dialami para wanita karena kaget akan tanggung jawab baru yang selama ini belum pernah dialami.

2. Cara Mengatasi Post Wedding Blues

Untuk mengatasi bahkan menghindari terjadinya post wedding blues, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

– Mengatur rencana dan tujuan

Jika Anda dan suami belum memiliki perbincangan yang cukup serius mengenai rencana dan tujuan untuk rumah tangga ke depannya, maka setelah acara pernikahan dan bulan madu selesai, Anda berdua wajib bertukar pikiran tentang berbagai keinginan Anda berdua. Misalnya saja, bagaimana Anda ingin membangun kehidupan rumah tangga ke depannya bersama, bagaimana Anda ingin menghabiskan waktu setelah menikah, berapa jumlah anak yang diinginkan, dan lain-lain. Dengan membuat rencana dan tujuan pernikahan, Anda akan memiliki semangat kembali untuk menjalani hari-hari ke depannya dalam berumah tangga.

– Mengutarakan perasaan kepada suami

Alih-alih murung atau bahkan jadi sangat pendiam yang hanya berujung membuat suami jadi tidak nyaman, ada baiknya Anda segera mengutarakan apa yang sedang dirasakan. Daripada harus bertengkar dengan suami di awal pernikahan, Anda perlu jujur menenai apa yang Anda rasakan. Selain agar suami bisa lebih mengerti dan memahami Anda, siapa tahu juga ia dapat menemukan cara tepat untuk membuat Anda kembali merasa bahagia dan antusias dalam menjalani pernikahan bersamanya.

– Luangkan waktu untuk me time

Siapa bilang ketika telah menikah, Anda tidak bisa meluangkan waktu untuk diri sendiri dan berkumpul dengan teman-teman? Asal tahu waktu dan sudah menyelesaikan kewajiban rumah tangga, tak ada salahnya kok hangout bersama teman untuk sekadar refreshing! Selain membuat pikiran jadi lebih senang dan bahagia, cara ini juga dapat mengusir rasa jenuh saat Anda merasa bosan dengan kehidupan rumah tangga.