Meski Lezat, 5 Kombinasi Makanan Berbahaya Ini Sebaiknya Dihindari

Meski Lezat, 5 Kombinasi Makanan Berbahaya Ini Sebaiknya Dihindari

Informasi Terkini – Dalam menjalankan diet dan pola makan sehat, ternyata Anda tak cukup hanya dengan menghindari atau membatasi asupan makanan tertentu. Ada juga jenis makanan yang harus dimakan secara terpisah, karena membutuhkan kondisi pencernaan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Bila diabaikan, kombinasi makanan berbahaya ini bisa mengganggu fungsi pencernaan, membuat kulit kering, sulit tidur, pusing, dan gangguan kesehatan lainnya. Apa saja ya?

1. Makan Buah Setelah Makan Berat

Setelah makan, memang paling enak ditutup dengan potongan buah segar, ya? Faktanya, buah yang mengandung gula sederhana sebenarnya tak perlu dicerna, sehingga tidak akan berada di perut dalam waktu lama. Sedangkan makanan lain yang mengandung lemak, protein, dan karbohidrat kompleks, butuh waktu lebih lama untuk dicerna oleh perut. Karena itulah, bila Anda makan buah setelah makan berat, gula dari buah akan tersimpan lebih lama dalam perut dan terfermentasi sehingga nutrisinya pun tak bisa terserap dengan sempurna. Waktu terbaik untuk makan buah adalah pagi hari setelah minum segelas air atau setidaknya 30 menit sebelum makan berat.

2. Sereal atau Oatmeal dengan Susu dan Jus Jeruk

Boleh saja sarapan sereal atau oatmeal dengan tambahan susu, tapi jangan dibarengi juga dengan tambahan jus jeruk atau buah lain setelahnya, ya. Asam dalam jus jeruk atau buah lain akan menghancurkan enzim yang bertanggung jawab untuk mencerna pati yang ada dalam sereal. Selain itu, buah atau jus yang bersifat asam juga akan mengentalkan susu dan mengubahnya menjadi zat pembentuk lendir yang lumayan kental di dalam perut, sehingga perut Anda akan terasa tidak nyaman setelah sarapan. Sama seperti aturan di atas, minum jus jeruk setidaknya 30 menit sebelum makan oatmeal atau sereal.

3. Protein dan Pati

Salah satu kombinasi makanan berbahaya yang sulit untuk dihindari adalah protein dan pati, yang ada dalam makanan seperti lasagna, bubur ayam, atau roti isi keju. Menurut Dr. Herbert Shelton, pendiri gerakan Natural Hygiene, hal ini terjadi karena protein dan pati membutuhkan enzim dan tingkat keasaman yang berbeda untuk bisa dicerna dengan sempurna. Saat Anda makan protein dan pati secara bersamaan, tubuh jadi dipaksa untuk mencerna protein tapi tidak mencerna pati. Akibatnya, makanan yang mengandung protein dan pati akan terfermentasi jika dimakan bersamaan. Makanan yang mengandung pati pun akan tercerna lebih lama dan bisa ‘menumpuk’ di lambung karena menunggu proses pencernaan alami. Kalau makan sekali-sekali sih, mungkin tidak apa-apa ya. Namun, sebisa mungkin hindari mengonsumsi menu dengan kombinasi protein-pati secara terus menerus karena hal ini bisa mengganggu kesehatan, terutama sistem pencernaan.

4. Tomat + Keju + Pasta

Pasta memang tak lengkap tanpa tambahan saus tomat dan keju, tapi ternyata hal ini termasuk salah satu kombinasi makanan berbahaya juga, lho. Ini karena asam dari tomat akan melemahkan enzim dalam pati serta mengentalkan susu yang terkandung dalam keju, sehingga bisa menimbulkan gangguan pencernaan. Karena tubuh butuh energi lebih banyak untuk mencerna makanan seperti ini, biasanya Anda akan jadi mengantuk atau cepat lelah setelah makan. Supaya lebih sehat, kombinasikan pasta dengan saus pesto dan sayuran yang tak kalah lezatnya.

5. Lemon Dan Obat

Saat tubuh sedang dalam pengaruh obat batuk, sebaiknya hindari dulu semua makanan yang mengandung lemon. Ini karena kandungan dalam lemon bisa menghambat enzim yang dibutuhkan tubuh untuk memecah senyawa yang ada dalam obat batuk, obat penurun kolesterol, serta obat lainnya. Bila tidak dipecah dengan sempurna, bahan kimia dalam obat bisa menumpuk dalam aliran darah dan menyebabkan efek samping yang merugikan bagi tubuh.

Setiap orang memang memiliki ketahanan dan sensitivitas tubuh yang berbeda, tapi ada baiknya Anda lebih berhati-hati untuk menghindari kombinasi makanan berbahaya yang sudah disebutkan di atas