Meski Sepele, Ternyata Ini Cara Keramas Yang Tepat

Meski Sepele, Ternyata Ini Cara Keramas Yang Tepat

Informasi Terkini – Mencuci rambut dengan keramas memang ritual yang harus dilakukan manusia. Hal ini akan mencegah rambut manusia dari kerusakan dan menjaganya tetap bersih. Namun, banyak orang menganggap keramas itu hal yang sepele dan semua orang bisa dengan mudah melakukannya. Padahal, cara yang tepat saat keramas bisa memberikan manfaat dan efek yang maksimal pada rambut.
Lalu, seperti apa keramas yang tepat? Ikuti langkah berikut.
1. Sisir
Pastikan sebelum masuk ke kamar mandi untuk menyisir rambut terlebih dahulu. Hal ini bisa menghilangkan kotoran yang mungkin menempel di kulit dan akar rambut sehingga sampo bisa terdistribusikan dengan baik.
2. Sampo
Sampo yang kamu gunakan harus sesuai dengan kondisi rambut. Selain itu, banyaknya sampo yang digunakan sebaiknya sesuai dengan panjang serta tebalnya rambut.
3. Kondisioner
Banyak orang menyepelekan kondisioner untuk perawatan rambut. Mereka merasa sampo saja sudah cukup untuk merawat rambutnya. Padahal, kondisioner memiliki kemampuan untuk melembapkan, memperhalus, dan membuat rambut menjadi lebih baik. Jadi, jangan lupa aplikasikan kondisioner setelah keramas, ya!
4. Bilas dengan air dingin
Air yang digunakan saat keramas juga penting untuk diperhatikan. Anda bisa menggunakan air hangat saat membasuh rambut untuk pertama kali. Hal ini dapat membantu membuka pori-pori kulit kepala dan menghilangkan kotoran.
Sementara, saat membilas rambut gunakan air dingin agar pori-pori tertutup kembali.
5. Keringkan dengan lembut
Mengeringkan rambut di handuk takbperlu digesek. Anda hanya perlu menekannya pelan-pelan agar air di rambut menyerap pada handuk.
Selain itu, jangan keringkan rambut dengan menutupnya menggunakan handuk dalam waktu yang lama. Hal ini bisa membuat rambut mudah kering.
6. Sisir dengan tangan
Setelah rambut setengah kering, Anda bisa menggunakan jari tangan untuk menyisirnya agar lebih rapi. Menyisir rambut saat basah bisa membuat kerontokan rambut.
Dan, biarkan rambut kering secara alami bisa membuat rambut terhindar dari kerusakan.