Meski Terlihat Sederhana, Kebiasaan Berikut Dapat Menyebabkan Kerusakan Pada Mata Lho Ladies!

Meski Terlihat Sederhana, Kebiasaan Berikut Dapat Menyebabkan Kerusakan Pada Mata Lho Ladies!

Informasi Terkini – Bermain gadget terlalu lama dan dalam kondisi gelap merupakan salah satu contoh kebiasaan yang dapat merusak mata. Belum ada penelitian yang menyebutkan dampak jangka panjang dari kebiasaan tersebut. Namun, dalam waktu dekat Anda bisa mengalami mata lelah, pandangan kabur, mata kering, hingga pandangan sulit fokus. Nah, selain akibat gadget, masih banyak ada beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

1. Terlalu Sering Menggunakan Obat Tetes Mata

Obat tetes mata sering kali menjadi andalan saat mata terasa kering, tidak nyaman, atau terlihat kemerahan. Namun, sebenarnya obat tetes mata tanpa resep tidak menyembuhkan sakit mata, melainkan hanya menyempitkan pembuluh darah sehingga kemerahan pada mata terlihat berkurang. Nah, penggunaan yang terlalu sering bisa menyebabkan mata mengalami iritasi dan berujung dengan kemerahan yang semakin parah pada mata. Jika Anda memang sering mengalami masalah pada mata, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter, ya!

2. Kebiasaan Mengucek Mata

Punya kebiasaan mengucek mata saat mata terasa gatal? Anda sebaiknya menghentikan kebiasaan ini, ya! Mengucek mata memang terasa nyaman sesaat, tetapi yang tidak Anda sadari, Anda juga menyebabkan kotoran dan bakteri berpindah dari tangan ke mata Anda. Akibatnya, mata Anda akan mudah mengalami iritasi. Tak hanya itu, kebiasaan mengucek mata juga bisa menyebabkan kerusakan pada kornea secara permanen, loh!

3. Kurang Tidur

Selain buruk bagi kesehatan tubuh, kurang tidur juga dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Beberapa masalah mata yang bisa Anda alami adalah mata kering, mata berkedut, kemerahan, terasa sakit, hingga pandangan kabur. Bila Anda mulai sering mengalami masalah mata tersebut, coba perhatikan kembali jadwal tidur Anda. Apa sudah mendapatkan 8 jam tidur berkualitas?

4. Menggunakan Lensa Kontak yang Sudah Lama

Lensa kontak dapat menjadi sumber masalah jika tidak digunakan dengan tepat. Salah satu kesalahan dalam menggunakan lensa kontak yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata adalah menggunakan lensa kontak yang sudah lama. Banyak orang yang menggunakan lensa kontak lebih lama dari seharusnya. Misalnya, menggunakan lensa kontak harian yang sama selama dua hari berturut-turut. Hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi pada mata Anda. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu membersihkan wadah lensa kontak Anda secara rutin, ya!

5. Tidak Rutin Melakukan Tes Kesehatan Mata

Tak hanya gigi, Anda juga perlu memeriksakan kesehatan mata secara rutin. Tidak banyak orang yang rutin memeriksakan kesehatan mata. Padahal ada banyak faktor, seperti usia, makanan, dan kegiatan sehari-hari yang dapat memengaruhi kesehatan penglihatan Anda. Maka itu, untuk mencegah kerusakan yang parah pada mata, sebaiknya Anda periksa mata secara rutin setidaknya setahun sekali. Termasuk saat Anda merasa bahwa penglihatan Anda baik-baik saja.