Mudah Mengantuk Di Siang Hari? Mungkin Beberapa Hal Ini Bisa Menjadi Penyebabnya

Mudah Mengantuk Di Siang Hari? Mungkin Beberapa Hal Ini Bisa Menjadi Penyebabnya

Informasi Terkini – 1. Kelainan Tidur

Ada satu hal yang lebih penting dari jumlah jam tidur yang lama, yaitu kualitas tidur yang baik. Salah satu faktor yang dapat menurunkan kualitas tidur Anda adalah kelainan tidur. Misalnya, restless legs syndrome, sleep apnea, dan narcolepsy. Jika Anda mengidap salah satu dari kelainan tidur tersebut, kemungkinan besar Anda akan terus mengalami tidur yang tidak berkualitas karena tubuh mudah terbangun di malam hari. Akibatnya, tubuh jadi mudah merasa lelah dan mengantuk di siang hari.

2. Tubuh Dehidrasi

Saat sedang mengantuk di siang hari, coba ingat lagi, apa Anda sudah mengonsumsi air dengan cukup? 50-60% tubuh kita terbuat dari air. Inilah yang menyebabkan tubuh akan terasa lelah dan mengantuk jika Anda tidak menjaga hidrasi tubuh dengan baik. Dibandingkan dengan langsung mengonsumsi kopi sehabis makan siang, coba minum air putih terlebih dahulu. Siapa tahu tubuh sudah kembali segar setelah cairan tubuh terpenuhi.

3. PMS

Banyak wanita yang mengalami insomnia sesaat sebelum datang bulan. Hal ini disebabkan perubahan hormon yang terjadi pada tubuh. Saat PMS, tubuh memproduksi hormon estrogen dalam jumlah banyak. Jika tubuh tidak memiiliki hormon progesterone untuk menyeimbangkannya, kondisi ini akan memberikan dampak negatif pada produksi melatonin dan serotonin. Dua hormon ini merupakan hormon yang bertanggung jawab memberikan rasa kantuk dan nyenyak saat kita tidur. Dengan berkurangnya dua hormon tersebut, Anda jadi mudah mengalami insomnia dan sulit untuk tidur nyenyak.

4. Anemia

Anemia merupakan sebuah kondisi di mana jumlah sel darah merah dalam tubuh berada di bawah batas normal. Akibatnya, tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup dan berujung dengan rasa letih. Dalam kondisi ini, seseorang akan mudah lelah sehingga tidak bisa melakukan aktivitas secara maksimal. Untuk mencegahnya, dapat dengan mengonsumsi suplemen dan makanan yang kaya akan zat besi.

5. Depresi

Saat mendengar kata depresi, Anda mungkin langsung berpikir tentang kondisi gangguan mental. Namun, kondisi ini juga bisa memberikan pengaruh pada tubuh Anda. Seseorang yang mengalami depresi akan memiliki kadar serotonin rendah yang menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah. Jika Anda mudah mengantuk di siang hari selama berminggu-minggu lamanya, coba kunjungi terapis yang bisa membantu menangani kondisi ini.