Mudah Sakit Saat Musim Hujan? Coba Lakukan Hal Ini

Mudah Sakit Saat Musim Hujan? Coba Lakukan Hal Ini

Informasi Terkini – Musim hujan bisa dibilang sebagai musim rawan penyakit karena berbagai jenis mikroba serta virus lebih mudah berkembang biak di musim ini. Apalagi jika daya tahan tubuh Anda sedang menurun. Hal tersebut akan semakin membuat Anda rentan diserang penyakit. Mengenali berbagai penyakit umum yang biasa terjadi di musim hujan akan membuat Anda lebih waspada untuk mencegah penularannya. Lantas apa saja penyakit musim hujan yang sering muncul?

Biasanya penyakit yang sering dialami bahkan pada banyak orang adalah terkena flu, diare, tipes, batuk, malaria, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara mengatasi agar tubuh kita tidak mudah terserang penyakit saat musim hujan? Simak penjelasan berikut.

1. Konsumsi multivitamin
Vitamin merupakan hal yang penting untuk mempertahankan daya tahan tubuh. Banyak sekali vitamin yang terbukti ampuh dalam mengebalkan tubuh kita akan penyakit. Konsumsi vitamin sebelum tidur atau saat akan memulai aktivitas dipagi hari adalah pilihan yang efektif. Anda bisa mencari jenis vitamin apa yang akan Anda konsumsi, bisa membeli diapotik langsung atau jika Anda memiliki kekebalan tubuh yang rendah, maka konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

2. Minum madu
Madu dipercaya sebagai pencegah penyakit. Namun, terbukti madu juga bisa menyembuhkan penyakit. Apabila Anda tetap ingin memiliki tubuh yang segar dan tetap fit saat musim hujan, sebaiknya konsumsi madu 2x sehari, bisa diminum setelah makan, atau sebelum tidur.

3. Jangan lewatkan sarapan
Kebanyakan orang yang mempunyai jadwal yang padat, selalu lupa atau bahkan sengaja untuk melewatkan sarapan. Padahal kenyatannya, sarapan adalah sesuatu yang tidak boleh dilewatkan. Karena dengan sarapan, tubuh kita akan kuat untuk menghadapi hari yang panjang. Dan, orang yang terbiasa sarapan akan lebih efektif melakukan pekerjaan daripada orang yang melewatkan sarapan. Karena melewatkan sarapan bisa menggangu konsetrasi, itulah sebabnya jangan pernah lewatkan sarapan.

4. Konsumsi buah dan sayur
Memperhatikan menu makanan adalah tips yang selanjutnya agar tubuh tahan terhadap penyakit. Salah satunya adalah menyeimbangkan menu makanan dengan tetap konsumsi buah-buahan dan sayur dengan teratur. Dengan menyeimbangkan makanan yang masuk ke dalam tubuh, otomatis dapat mempertahakankan kekebalan tubuh dalam melawan penyakit.

5. Istirahat yang cukup
Bagi Anda para pekerja keras, sebaiknya tetap jangan lewatkan waktu istirahat yang cukup, karena rata-rata jam tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah sekitar 6-7 jam, bahkan bisa sampai 8 jam. Bagi kalian yang sudah merasa lelah setelah beraktivitas seharian, sebaiknya segera ajak tubuh kalian untuk beristirahat, karena dengan begitu, tubuh kita akan kembali fit dan segar untuk menghadapi hari esok.

Walaupun musim hujan, tetap perhatikan kondisi kesehatan kalian.