Musim Hujan Bikin Rambut Rentan Rusak, Begini Panduan Merawatnya

Rambut rentan mengalami kerusakan saat musim hujan. Hal ini dikarenakan suhu yang lembab membuat akar menjadi lebih sensitif. Untuk itu, rambut membutuhkan perawatan yang extra saat musim hujan. Nah, kamu bisa mengikuti beberapa panduan berikut untuk merawat rambut agar tetap sehat saat musim hujan.
1. Jaga rambut tetap kering
Saat rambut basah karena terkena hujan, sebaiknya segera mandi dan keramas. Setelah itu, keringkan rambut dengan segera karena rambut yang basah saat musim hujan rentan membuat masalah pada kulit kepala.
2. Pijat kepala menggunakan minyak rambut
Musim hujan menyebabkan kulit kepala menjadi gatal. Hal ini sangat umum terjadi. Akibatnya, kulit kepala menjadi mudah iritasi karena rasa gatal itu.
Nah, untuk mengatasinya kamu bisa mengoleskan minyak rambut dan pijat dengan perlahan. Lakukan sebelum mencuci rambut.
3. Rutin keramas
Keramas dua kali seminggu dapat membuat rambut tetap dan bersih dan mencegahnya tidak sering basah.
4. Jangan lupa menggunakan kondisioner
Kondisioner setelah keramas dapat membuat rambut menjadi lebih halus dan lembut.
5. Gunakan sisir lebar
Menyisir rambut memang diperlukan untuk menjaga rambut tetap rapi. Tapi, hal ini bisa membuat kerusakan pada rambut. Untuk mencegahnya kamu bisa menggunakan sisir lebar dan tidak menyisirnya saat dalam keadaan basah.
6. Jangan mengikat rambut basah
Rambut yang basah memang sering membuat kita risih. Tapi, jangan sekali-kali mengikatnya dalam keadaan yang basah. Hal ini dapat membuat rambut mudah rontok bahkan ketombe.