Musim Rambutan Datang, Apa Saja Manfaatnya?

Musim Rambutan Datang, Apa Saja Manfaatnya?

Informasi Terkini – Saat ini berbagai daerah di Indonesia tengah memasuki musim hujan. Musim ini biasanya ditandai dengan banyaknya musim buah-buahan salah satunya adalah rambutan. Baik di toko buah maupun di pinggir jalan, biasanya buah dengan warna merah dan kuning ini sudah dijajakan para pedagangnya. Tak jarang buah ini diminati para penggemarnya karena rasanya yang manis dan tentunya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho.

Selain enak, rambutan ternyata banyak manfaatnya lho. Berikut 5 manfaat rambutan untuk kesehatan dikutip dari berbagai sumber.

1. Kaya Akan Vitamin C

Vitamin C ini juga berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Kebutuhan vitamin C harian akan terpenuhi 50 persen bila mengonsumsi 5 sampai 6 buah dalam sehari.

2. Mengandung Banyak Tembaga

Zat ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh yaitu berperan dalam pertumbuhan dan pemeliharaan berbagai sel di dalam tubuh, termasuk tulang, otak, dan jantung. Mengonsumsi empat buah rambutan dalam sehari akan memenuhi 20 persen kebutuhan tembaga harian.

3. Dapat Mencegah Berat Badan Naik

Menurut Stylecraze, buah-buahan termasuk rambutan dapat mencegah kenaikan berat badan karena memiliki kepadatan energi yang rendah. Rambutan juga mengandung sejumlah serat yang dapat membantu penurunan berat badan.

4. Dapat Membantu Mencegah Kanker

Rambutan adalah salah satu buah dengan kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan ini dapat melawan peradangan dan melindungi sel-sel di dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian, kulit rambutan dapat mengubah dan mengganggu pertumbuhan sel kanker dan bahkan dapat digunakan untuk pengobatan kanker hati. Mengonsumsi lima rambutan setiap hari dapat secara drastis mengurangi risiko kanker.