Ngabuburit Dengan Main Gim? Awasi Agar Anak Tak Adiksi

Ngabuburit Dengan Main Gim? Awasi Agar Anak Tak Adiksi

Informasi Terkini – Saat menunggu berbuka puasa, biasanya orangtua memperbolehkan anak untuk bermain gim. Hal ini memang mengasyikkan, tapi bila terus-menerus bisa membuat anak menjadi adiksi atau ketergantungan pada gim.
Memang untuk tujuan rekreasional, bermain gim selama bulan puasa tidaklah dilarang. Namun, orangtua harus bisa membatasi anak-anak saat main gim. Sebab bila anak selalu diberikan gim setiap waktu, hal ini bisa membuat waktu anak-anak habis untuk bermain gim.
Adiksi gim bukan hanya berdampak buruk pada kebiasaan anak saja. Masalah ini berdampak pada perilaku anak juga yang menjadi mudah emosi dan marah maupun teriak bila dilarang untuk bermain gim.
Selain itu, adiksi gim juga bisa menganggu waktu tidur dan istirahat anak. Bila sudah kecanduan, anak biasanya akan rela waktu istirahatnya dibuat untuk bermain gim, terlebih gim daring yang lawan mainnya orang luar negeri yang memiliki perbedaan waktu.
Kemudian, adiksi gim juga rentan membuat prestasi sekolah anak menurun. Hal ini kemudian berpotensi anak malas sekolah akibat nilainya yang selalu turun.
Nah, gim juga bisa berpengaruh pada masalah kesehatan. Ketergantungan gim bisa membuat persarafan di otak bermasalah. Hal ini membuat anak menjadi susah berpikir.
Dalam hal ini, pola asuh yang sehat dari orangtua sangat berpengaruh agar anak tidak berubah menjadi ketergantungan atau adiksi pada gim. Hal ini perlu diterapkan sejak kecil agar tidak menjadi kebiasaan di masa mendatang.