Panik Saat Menghadapi Deadline Pekerjaan? Tenangkan Diri Dengan Tips Berikut

Panik Saat Menghadapi Deadline Pekerjaan? Tenangkan Diri Dengan Tips Berikut

Informasi Terkini – 1. Tarik napas dan hembuskan perlahan

Jangan menganggap hal ini sebagai sesuatu yang sia-sia. Menarik napas kemudian menghembuskannya perlahan terbukti bisa membuat Anda lebih rileks karena menurunkan denyut jantung yang mengencang akibat serangan panik. Jika Anda punya waktu, cobalah menyesap teh hangat supaya lebih rileks. Jangan memaksakan diri untuk langsung mengerjakan tumpukan pekerjaan saat Anda sedang panik. Bisa-bisa pekerjaan Anda bukannya selesai, justru malah jadi berantakan.

2. Lihat sesuatu yang hijau

Sebetulnya belum ada penelitian ilmiah yang menjelaskan secara rinci pengaruh warna hijau pada kesehatan. Namun, sejak jaman Mesir Kuno telah dikembangkan ilmu yang disebut Colourology, yaitu terapi yang menggunakan warna sebagai metode penyembuhan. Dari tinjauan psikologi, warna hijau mempengaruhi mood dan pikiran sehingga membuat kita merasa lebih tenang. Nah, jika Anda sedang merasa panik dan tertekan dengan segudang deadline pekerjaan yang menumpuk, cobalah buka jendela Anda dan tengok ke pepohonan di luar yang bergerak tertiup angin. Perhatikan selama beberapa menit, Anda pasti akan merasa lebih rileks dan tenang.

3. Buat skala prioritas

Supaya pekerjaan yang menumpuk terarah dan selesai dengan baik, ada baiknya Anda membuat skala priotitas terlebih dulu. Skala prioritas ini berarti Anda memilih pekerjaan mana yang perlu didahulukan dan dikerjakan terlebih dulu. Dengan membuat skala prioritas, pekerjaan Anda bisa lebih cepat selesai pada waktunya.

4. Minta bantuan rekan sekerja

Saat deadline pekerjaan sedang menumpuk dalam satu waktu, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan rekan kerja. Selain meringankan pekerjaan, rekan kerja Anda juga bisa memberi perspektif lain dari pekerjaan yang sedang Anda lakukan sehingga tidak akan membuat Anda stuck hanya pada satu pekerjaan saja.

5. Minta tambahan waktu kalau sudah tidak memungkinkan

Kalau Anda merasa sudah overload, ada baiknya meminta tambahan waktu ke atasan Anda. Cobalah menghadap ke atasan dan jelaskan alasan mengapa pekerjaan tersebut sampai tertunda dan membutuhkan tambahan waktu. Bisa jadi atasan Anda punya solusi yang bisa membantu dan meringankan pekerjaan Anda.