Paparan Sinar Matahari Bikin Banyak Kerutan Di Wajah Supir Ini

Paparan Sinar Matahari Bikin Banyak Kerutan Di Wajah Supir Ini

Informasi Terkini – Tahun 2012 lalu, sebuah jurnal ‘New England Journal of Medicine’ menerbitkan sebuah foto seorang supir yang telah megabdikan 28 tahun kehidupannya untuk mengemudikan truk. Bukan tidak ada apa-apa, wajah supir itu ternyata telah rusak karena selalu terpapar oleh sinar matahari.
Dalam foto tersebut, nampak kerusakan terjadi pada sisi kiri wajah milik supir truk tersebut. Saat mengemudi truk, bagian kiri wajah ternyata terkena sinar matahari yang tembus dari kaca. Sinar ultraviolet A (UVA) yang berasal dari sinar matahari menembus bagian kulit tubuh supir truk itu melalui kaca jendela. Dan akibatnya, sinar masuk hingga menembus epidermis dan lapisan atas dari epidermis.
Akibat terkena paparan sinar UVA ini, menyebabkan terjadinya penebalan pada epidermis dan stratum korneum yang membuat serat elastis pada kulit menjadi rusak. Dan supir truk ini tentu sudah mengalaminya.
Dan menurut sebuah jurnal yang telah menerbitkan foto tersebut, supir truk tersebut mengalami riwayat penyakit asimtomatik yang merupakan suatu penyakit saat pasien itu tidak merasakan apapun gejala yang muncul menandakan adanya penyakit tersebut.
Wajah supir truk ini bagian kiri mengalami kerusakan dan penuaan lebih cepat dibandingkan sisi kanan. Wajahnya sisi kanan bahkan relatif bebas dari kerutan yang ada. Dari hal ini jurnal tersebut menuliskan adanya dampak buruk seperti kerutan atau penuaan dini bahkan hingga kerusakan bila terus-menerus terkena sinar matahari.
Selain itu, meski memakai kendaraan tertutup seperti mobil, truk, dan lainnya, sinar UVA masih bisa tembus melalui kaca jendela yang juga bisa membuat dampak berbahaya pada kulit Anda.