Patuhi Aturan Pemakainan Softlens Dibawah Ini

Patuhi Aturan Pemakainan Softlens Dibawah Ini

Informasi Terkini – Softlens (lensa kontak) adalah sebuah alat yang digunakan untuk membantu penglihatan sebagai pengganti kacamata, softlens biasanya dipasang pada kornea mata dan terbuat dari plastik yang mengandung air.
Patuhi aturan dibawah ini agar mata anda aman saat memakai softlens
1. Sebelum memasang softlens, pastikan tanganmu bersih. Jika perlu, pakai sabun anti-septik.

Ini adalah aturan pertama dan wajib banget buat kamu patuhi. Pastikan kamu sudah mencuci tanganmu dengan sabun. Hal ini bertujuan agar kuman yang bersarang di area tanganmu, tidak ‘berpindah’ ke softlens yang nanti kamu pegang dan kuman tersebut beralih untuk berdiam diri di mata kalian. Setelah itu, keringkan dengan menggunakan handuk lembut yang bersih.
2. Jangan menggunakan soflens lebih dari 8 jam setiap harinya.

Apabila lensa tersebut memiliki daya hantar oksigen dalam level rendah, maka dapat dipakai hingga yang paling maksimum yaitu 8 jam. Tetapi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka jangan gunakan softlens hingga 8 jam bahkan lebih.
3. Jangan tidur dengan masih menggunakan softlens. KECUALI atas suatu kondisi tertentu.

Perlu kita tahu memang ada softlens yang boleh dipakai tidur, dengan catatan, bahwa orang tersebut memiliki minus yang tinggi dan yang pasti hal tersebut dilakukan atas saran dokter mata yang bersangkutan. Hal ini karena dokter akan memberikan lensa mata yang khusus dapat dipakai ketika tidur. Namun, untuk softlens biasa sebaiknya tetap dilepas ketika tidur.
4. Selalu cek kondisi softlens.

Yap. Ini wajib banget kamu lakukan. Jangan sampai kontak lens yang akan kita pakai dan tempelkan ke mata, tidak higienis dan kotor. Bisa membahayakan mata kita, lho. Cek juga tangagal ‘kadaluarsa’ dari softlens. Atau cek juga apakah ada bagian dari softlens yang sudah rusak, seperti sobek misalnya.
5. Rajinlah untuk membersihkan softlens.

Softlens yang telah digunakan, dikembalikan ke tempat softlens yang sudah dibersihkan dengan cairan mata buatan. Pastikan tempat atau wadah softlens sudah bersih dan higienis, ya. Jangan lupa ketika menyimpan softlens, teteskan beberapa tetesan cairan mata buatan diatas softlens, lalu tutup rapat dan simpan dengan rapih.
6. Jangan lupa untuk meneteskan tetes mata khusus softlens.

Kenapa hal ini perlu dilakukan? Agar softlens yang menempel pada matamu tidak kering dan membuatnya susah untuk dilepaskan.