Penyakit Diabetes Tipe 1 Mudah Serang Anak, Berikut Penyebab Dan Gejalanya

Penyakit Diabetes Tipe 1 Mudah Serang Anak, Berikut Penyebab Dan Gejalanya

Informasi Terkini – Penyakit diabetes menjadi penyakit berbahaya karena merupakan salah satu penyebab penyakit kronis pada tubuh manusia. Banyak orang mengetahui penyakit diabetes disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, kurang berolahraga, dan gaya hidup buruk lainnya.
Padahal tidak hanya itu. Penyakit diabetes terbagi dalam dua tipe. Mereka yang memiliki gaya hidup tidak sehat tersebut berisiko mengalami penyakit diabetes tipe 2. Lalu, seperti apa penyakit diabetes tipe 1?
Penyebab penyakit ini sangat berbeda dari penyakit diabetes tipe 2. Biasanya, penyakit diabetes tipe 2 banyak dialami oleh orang dewasa. Namun, penyakit diabetes tipe 1 ini tidak hanya orang dewasa saja yang mengalaminya. Anak-anak juga rentan mengalami penyakit ini.
Namun, apa yang menjadi penyebab sebenarnya dari penyakit diabetes tipe 1 ini?
Penyakit diabetes tipe 1 dapat disebabkan saat produksi insulin dalam tubuh yang tidak mencukupi. Insulin diproduksi oleh organ pankreas yang berada pada sisi kanan perut. Bila hal ini terjadi, maka anak itu dapat mengalami penyakit diabetes tipe 1.
Produksi insulin sangatlah penting bagi metabolisme tubuh manusia. Sebab, insulin berfungsi untuk mengubah glukosa yang terkandung pada makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh untuk dijadikan sebagai energi dan tenaga bagi tubuh manusia. Selain itu, insulin juga berfungsi untuk menstabilkan kadar glukosa tubuh untuk menyimpan energi yang telah dihasilkan. Bila jumlah insulin tidak mencukupi, maka proses seperti itu tidak akan terjadi. Akibatnya, anak mudah mengalami kelelahan bahkan bisa pingsan.
Saat anak mengalami penyakit diabetes tipe 1, mereka akan menunjukkan beberapa tanda dan gejala, antara lain nafas berbau, mudah mengantuk, kelelahan, sering haus, selalu makan banyak tetapi berat badan menurun, mengompol, dan mudah mengalami sesak nafas.
Berikut merupakan tanda anak mengalami penyakit diabetes tipe 1. Memang belum pasti penyebab utama dari penyakit diabetes tipe 1 ini. Tetapi, alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter akar ditemukan solusi yang terbaik.