Penyebab Kuas Makeup Bisa Sebabkan Alergi Pada Kulit

Penyebab Kuas Makeup Bisa Sebabkan Alergi Pada Kulit

Informasi Terkini – Bagi sebagian wanita, mengaplikasikan produk complexion mungkin akan terasa lebih nyaman jika menggunakan jari. Selain praktis, metode ini juga terbilang cepat. Sayangnya, mengaplikasikan produk complexion langsung dengan jari juga memiliki sisi negatif, salah satunya hasil yang kurang merata. Oleh karena itu, Anda lebih dianjurkan untuk memakai kuas makeup yang memang diperuntukkan khusus untuk mengaplikasikan makeup.

Dalam menggunakan kuas makeup pun Anda perlu cermat dan berhati-hati. Pasalnya, kuas makeup sebenarnya juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya alergi pada kulit wajah. Nah, bagi Anda yang merasa pernah mengalami masalah tersebut, yuk kenali dulu beberapa penyebab alergi dari kuas makeup agar Anda tahu bagaimana cara untuk menanganinya.

1. Menggunakan Natural Brushes Bristles

Natural brushes bristles atau kuas natural merupakan jenis aplikator yang bahan dasarnya terbuat dari bulu hewan asli. Ada yang berasal dari bulu tupai, kambing, musang, bahkan juga kuda. Meski teksturnya terasa lebih lembut serta menjadikan hasil makeup lebih rapi dan long lasting, sayangnya pemakaian kuas natural dapat memicu reaksi alergi pada sebagian jenis kulit, terutama yang sensitif. Bagi Anda yang kurang cocok dengan kuas natural, rasanya tak mengapa jika Anda harus menggantinya dengan kuas sintetis. Selain lebih murah, kuas sintetis biasanya terbuat dari bahan nylon ataupun taklon yang katanya tidak mudah untuk membuat bakteri bersarang lama di kuas sintetis.

2. Tidak Menggunakan Kuas Sesuai Fungsinya

Masing-masing kuas memiliki fungsi yang berbeda. Oleh karena itu, manfaatkanlah sesuai fungsinya. Usahakan untuk tidak menggunakan kuas makeup Anda secara asal. Misalnya saja, menjadikan powder brush untuk mengaplikasikan foundation. Hal ini tentu saja dapat mengakibatkan bulu kuas jadi rusak dan mudah rontok. Meski demikian, bukan berarti Anda tidak bisa mengalihfungsikan kuas makeup sama sekali, lho. Beberapa kuas makeup ada juga yang bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal, salah satunya kuas concealer yang diketahui dapat membuat cut crease eyeshadow dan lain sebagainya.

3. Tidak Merawat Kuas Makeup dengan Baik

Merawat yang dimaksudkan dalam konteks ini bukan hanya sekadar mencuci kuas makeup, tapi juga bagaimana cara Anda menyimpannya. Saat ingin menyimpan kuas makeup, usahakan untuk tidak mencampurkan kuas yang bersih dengan yang bekas pakai atau kotor untuk menghindari perpindahan debu dan bakteri. Anda bisa memanfaatkan wadah yang tidak terpakai untuk menyimpan kuas makeup secara terpisah. Atau, bisa juga menggunakan brush guard untuk masing-masing kuas agar tidak bercampur antara kuas satu dengan yang kuas lainnya.