Perhatikan Ini Agar Lensa Kontak Tak Berisiko Berbahaya

Perhatikan Ini Agar Lensa Kontak Tak Berisiko Berbahaya

Informasi Terkini – Kebiasaan sehari-hari ternyata bisa menyebabkan risiko berbahaya. Seperti sering ketiduran dan lupa melepeas lensa kontak bisa menyebabkan infeksi mata hingga kebutaan. Meski ada yang bisa digunakan untuk tidur, tapi hal ini sebaiknya tidak perlu dilakukan. Hal ini karena mata perlu istirahat juga.
Selain itu, kebersihan dalam lensa kontak juga harus selalu dilakukan. Bila tidak, hal ini akan berakibat buruk di mata Anda. Dan juga penggantian secara berkala pada lensa kontak perlu untuk menghindari mata terkena bakteri atau kotoran yang ada pada lensa kontak bila digunakan berlama-lama.
Dan berenang dengan menggunakan lensa kontak juga bisa berisiko pada kesehatan mata.
Untuk mengurangi risiko kesehatan mata yang berbahaya, tentunya Anda tahu hal yang bisa dilakukan. Seperti, selalu mencuci tangan dengan sabun dan air bersih sebelum menyentuh atau melepas lensa kontak.
Selanjutnya, saat malas membersihkannya, cukup gunakan larutan lensa kontak dengan menggosok lensa kontak dengan lembut agar bakteri dan kotorannya enghilang dan tidak membuat mata berisiko. Melepas lensa kontak saat hendak tidur juga hal yang perlu dilakukan. Dan mengganti lensa kontak setiap tiga sampai empat bulan.
Bila ada tanda-tanda infeksi mata seperti terasa perih setelah menggunakan lensa kontak, penurunan penglihatan atau mata kemerahan bisa langsung konsultasi ke dokter agar tak menibulkan efek yang lebih berbahaya lagi.