Pertimbangkan Dulu Hal Ini Sebelum Memberi Kado Pernikahan Untuk Teman Anda

Pertimbangkan Dulu Hal Ini Sebelum Memberi Kado Pernikahan Untuk Teman Anda

Informasi Terkini – Mendengar kabar teman akan menikah merupakan hal yang membahagiakan, apalagi jika Anda mengenal kedua pasangan dengan baik. Beberapa hal mungkin Anda siapkan untuk menyambut hari bahagia tersebut. Mulai dari menyiapkan baju, riasan makeup, kendaraan, hingga acara bridal shower bersama teman-teman yang lain. Saat hari H tiba, masih ada “PR” lagi yang mungkin perlu Anda siapkan, yaitu hadiah pernikahan. Sebenarnya ada banyak pilihan yang dapat diberikan untuk pengantin baru. Namun, terkadang karena terlalu banyak pilihan itulah membuat Anda menjadi bingung. Alih-alih kebingungan, coba deh untuk mempertimbangkan hal berikut sebelum membeli hadiah pernikahan.

1. Bagaimana kondisi keuangan Anda?

Mungkin Anda berencana ingin memberikan sesuatu yang berguna dengan kualitas terbaik untuk kedua pasangan. Namun untuk membeli barang tersebut perlu mengeluarkan biaya yang tinggi, sehingga membuat Anda berpikir dua kali. Hal utama yang perlu diingat adalah sesuaikan anggaran dana. Jangan membeli sesuatu di luar kemampuan finansial Anda hanya untuk hadiah pernikahan. “Tidak perlu memaksakan diri Anda secara finansial untuk mengikuti norma sosial,” saran seorang event planner, Summer McLane. Jika sedang dalam kondisi yang benar-benar minim budget, berikan sesuatu sesuai dengan kemampuan finansial Anda atau membuat suatu yang kreatif dan berikan selamat yang tulus melalui kartu ucapan.

2. Seberapa dekat Anda dengan kedua pasangan?

Semakin dekat dengan kedua pasangan, semakin Anda ingin memberikan sesuatu yang lebih. Itu mungkin dapat diartikan, Anda akan bersikap loyal saat membeli hadiah pernikahan untuk sahabat atau saudara dekat. Dari sini saja, mungkin Anda bisa menyimpulkan bahwa tidak perlu memberikan sesuatu yang spesial untuk rekan kerja atau sepupu jauh. “Jika Anda sudah mengenal pasangan untuk waktu yang lama atau sangat dekat dengan mereka, masuk akal jika ingin membelikan sesuatu yang lebih bermakna,” terang Jove Meyer dari Jove Meye Events. “Jika Anda mengenal mereka dalam waktu yang lebih singkat, saya pikir bisa memberikannya hadiah yang lebih murah,” tambahnya lagi.

3. Sudahkan Anda memberikan hadiah saat tunangan atau bridal shower?

Sebelum menikah, sebagian besar pasangan mengadakan acara pertunangan terlebih dulu. Kemudian, saat mendekati hari H, biasanya para sahabat akan mengadakan acara bridal shower untuk merayakan lepasnya masa lajang. Jika Anda mengikuti semua rangkaian acara tersebut, mulai dari pertunangan hingga pernikahan, para ahli merekomendasikan menggunakan aturan 60-20-20 untuk mengalokasikan anggaran dana hadiah pernikahan. Anda bisa membagi budget 60% digunakan untuk hadiah pernikahan, 20% untuk hadiah bridal shower, dan 20% untuk hadiah pertunangan.