PAN Janji Tak Akan Bikin Sakit Hati Partai Lain, Jika Masuk Kabinet

PAN Janji Tak Akan Bikin Sakit Hati Partai Lain, Jika Masuk Kabinet

Informasi Terkini – Dikabarkan bahwa Partai Amanat Nasional (PAN) akan mendapatkan jatah 2 kursi menteri pada saat reshuffle cabinet jilid II.Viva Yoga Mauladi, Ketua Bapillu PAN memastikan bahwa bergabungnya partainya ke pemerintah tersebut tidak akan menyakiti hati para partai lain.
“Partai yang mendukung Presiden Jokowi sejak awal pasti tidak akan merasa tersakiti jika bergabungnya PAN ke dalam pemerintah,” ucao Viva Yoga, dalam diskusinya yang bretajuk Buruk Kinerja, Cabinet Terbelah, Jakarta, Sabtu (09/01/16).
Viva Yoga melanjutkan, PAN sebagai calon pendatang yang baru pasti akan menghormati PDIP, Nasdem,PKB, Hanura, dan juga PKPI. Ia juga mengatakan, tak ada desakan yang dilakukan pada Jokowi agar menempatkan kader PAN di cabinet.
“Kami serahkan kepada Presiden, jadi persoalan kami dimana. Sepenuhnya, Reshuffle dibahas tersebut berada di tangan Presiden,” kata Viva Yoga.
Indra Jaya Pililang, Tim Penjamin Kualitas Reformasi Birokrasi Nasional menimpali pernyataan yang diucapkan Viva Yoga. Menurutnya, wajar saja bila PAN tidak akan menyakiti hati partai lain yang sudah berada di cabinet.
“Wajarlah tidak akan bikin sakit hati partai lain, kan mengambilnya 2 kursi dari professional,” ucap Indra.
PAN juga telah melabuhkan dukungannya ke sisi pemerintahan dari Jokowi-JK. Meski pada sejak awalnya dia telah berkomitmen untuk menjadi sebagai partai penyeimbang pemerintah di kubu Koalisi Merah Putih.
Jokowi juga dikabarkan akan melakukan perombakan kabinet atau reshuffle. Hal ini, partai yang berlambang matahari terbit tersebut menyatakan tentang kesiapannya untuk menerima jatah menjadi menteri dari Presiden Jokowi.
“Kalau PAN dapat bergabung tanpa syarat. Tapi, kalau pun diminta untuk NKRI, PAN itu seperti apa saja siap,” ujar Zulkifli Hasan, Ketua Umum DPP PAN pada beberapa waktu yang lalu.