5 Tips Bikin Pakaian Awet Tanpa Jamur Di Lemari

Selama pandemi, kita dibatasi untuk keluar rumah dan tidak boleh menyebabkan kerumunan atau perkumpulan. Oleh karena itu, kegiatan yang biasa dilakukan di luar rumah pun dipindahkan untuk dikerjakan di rumah saja. Hal itu pun membuat Anda lama tak menyentuh atau menggunakan baju yang biasa dipakai ke kantor, sekolah atau kampus. Baju yang kelamaan disimpan di lemari pun akan mudah berjamur lho. Nah, agar baju di lemari Anda tidak berjamur, Anda perlu melakukan tips pencegahannya berikut ini.

1. Cuci dengan suhu yang tepat

Air hangat dengan suhu 37 derajat celsius akan membuat pakaian Anda mudah bersih dari bakteri Staphylococcus aureus dan mencegahnya dari pertumbuhan jamur.

2. Simpan pakaian dalam keadaan kering

Setelah dicuci, jangan lupa untuk menjemur pakaian terlebih dahulu hingga kering sebelum dimasukkan lemari. Tempat dan pakaian yang lembap akan memudahkan jamur berkembang biak dan baunya tidak sedap. Anda bisa membuatnya lebih rapi dengan menyetrika pakaian terlebih dahulu sebelum masuk lemari.

3. Simpan pakaian sesuai kebutuhan

Perhatikan warna, jenis, dan bahan dari pakaian Anda. Jika Anda memiliki rok dan pakaian yang berbahan katun, simpanlah dengan cara digantung. Sementara pakaian putih akan mudah luntur, jadi pisahkan dari penyimpanan pakaian yang berwarna. Dan, pakaian yang berbahan rajut dan wol akan mudah rusak bentuknya, Anda dapat menyimpannya pula dengan digantung.

4. Lemari harus kering

Pastikan tempat untuk menyimpan pakaian Anda dalam keadaan kering, apalagi lemari kayu. Gunakan penyerap kelembapan yang mengandung kalsium klorida dan menggantinya setiap bulan agar berfungsi dengan baik.

5. Hindari menumpuk terlalu banyak baju

Ruangan yang kosong memang terlihat mubadzir jika tidak ditempati. Namun, menumpuk pakaian terlalu banyak justru akan membuat ruangan mudah lembap sehingga rentan menyebabkan jamuran.

Nah, itulah tips yang bisa Anda gunakan untuk mencegah jamur pada pakaian. Jika pakaian Anda sudah berjamur, Anda bisa menghilangkannya dengan mencuci menggunakan air panas atau menggunakan bahan pemutih bagi baju yang berwarna putih. Semoga baju Anda gak jamuran, ya.