Atasi Jerawat Hingga Kanker, Ketahui 5 Manfaat Lemon Bagi Tubuh

Lemon merupakan salah satu jenis buah sitrus yang identik dengan warna kuning cerah. Buah satu ini memiliki sifat asam yang cukup kuat namun masih di bawah jeruk nipis tingkat keasamannya. Meski begitu, buah lemon juga mengandung vitamin C yang tinggi sehingga baik bila dikonsumsi oleh tubuh. Untuk tahu apa manfaat bagi tubuh, simak artikel ini sampai habis ya.

1. Membantu Pencernaan

Air perasan lemon hangat yang diseduh tanpa gula dan dikonsumsi setiap hari dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh, melancarkan sistem pencernaan dan bisa bikin perut lebih rata. Coba deh, konsumsi setiap pagi hari saat perut kosong.

2. Meningkatkan Kesehatan Hati

Buah lemon juga mengandung senyawa kimia, narigenin, yang baik untuk mencegah peradangan pada hati. Lalu, ada pula eriocitrin yang termasuk senyawa flavonoid, baik untuk memberikan perlindungan pada hati terhadap stres oksidatif.

3. Mengobati Jerawat

Jerawat disebabkan oleh bakteri yang ada di dalam kulit. Nah, buah lemon dengan kekuatan antibakteri dan antijamur mampu menangani masalah jerawat secara alami. Apalagi asam sitrat yang melimpah didalamnya mampu meringankan noda bekas jerawat pada wajah Anda. Meski begitu, Anda masih harus memperhatikan kecocokan lemon pada wajah Anda karena buah ini cukup membuat perih jika terkena jerawat.

4. Menyegarkan Nafas

Bau mulut merupakan masalah yang cukup serius karena dapat menyebabkan penurunan kepercayaan diri jika tidak segera diatasi. Nah, mengonsumsi buah lemon secara rutin diyakini dapat menetralisir bau nafas yang kurang sedap. Lemon memiliki sifat antibakteri yang akan membunuh semua bakteri penyebab bau pada rongga mulut Anda.

5. Mencegah Kanker

Lemon mengandung antioksidan dan berbagai vitamin, mulai dari A, C, dan E membuatnya mampu menjadi buah yang paling baik untuk melindungi tubuh dari penyebaran sel kanker. Anda bisa memanfaatkannya dengan memeras airnya ke salad, ayam panggang, atau roti.