Fakta Tentang Camilan Keripik Yang Dianggap Tidak Sehat

Fakta Tentang Camilan Keripik Yang Dianggap Tidak Sehat

Informasi Terkini – Camilan adalah makanan ringan, atau snack atau kudapan adalah istilah bagi makanan yang bukan merupakan menu utama. Makanan yang dianggap makanan ringan merupakan makanan untuk menghilangkan rasa lapar untuk sementara waktu, hanya memberikan sedikit pasokan tenaga ke tubuh, atau biasanya camilan hanya untuk dinikmati rasanya.

Ngemil menjadi solusi banyak orang untuk mengatasi rasa lapar sebelum waktu makan besar. Biasanya camilan yang dipilih adalah jenis keripik karena praktis dibawa dan mudah ditemukan di minimarket maupun supermarket.

Namun keripik diyakini tidak sehat karena tidak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Benarkah hal tersebut?

Memang benar, sekarang ini banyak camilan yang beredar di minimarket atau supermarket. Begitu banyak merk dan jenis camilan. Juga, banyak pula komposisi didalamnya yang tidak kita ketahui apakah sehat dan aman untuk tubuh?

Namun, tidak semua keripik itu tidak sehat. Ada keripik yang dibuat dari biji-bijian sehingga aman menjadi camilan sehari-hari karena sehat dan rendah kalori.

Medical Advisor Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W, mengatakan camilan sehat dan rendah kalori biasanya dibuat dari biji-bijian multigrain. Misalnya gandum, oat, dan quinoa yang kandungannya menyehatkan.

“Yang harus diperhatikan dari jenis camilan adalah kandungan dan kalorinya. Pilih camilan yang baik, mengenyangkan, dan memiliki kalori relatif rendah. Multigrain yang mengandung gandum, oat, dan biji-bijian juga termasuk camilan yang baik karena kandungannya kaya akan serat hingga bisa membantu menunda lapar,” ujar dr. Ervina.

Gandum, oat, dan quinoa memiliki kandungan serat yang tinggi. Adapun manfaat serat bagi tubuh antara lain mencegah tubuh menyerap kolesterol jahat, membantu mengontrol berat badan karena memberikan rasa kenyang lebih lama, dan membantu menstabilkan kadar gula dalam darah.

Bahkan, camilan seperti keripik dari biji-bijian atau daun, bahkan kripik buah juga sudah banyak beredar yang rendah kalori, dan aman untuk dikonsumsi jangka panjang. Jadi lebih cermat dalam memilih camilan, membuat kualitas hidup bertahan lebih lama.