Intip 4 Perbedaan Lemon Dan Jeruk Nipis

Lemon dan jeruk nipis merupakan buah sitrus yang memiliki rasa asam menyegarkan. Seringkali ditemui, buah ini digunakan sebagai pelengkap dalam masakan untuk menambah keasamannya.

Karakteristik kedua buah ini sering disamakan, dan akibatnya banyak orang menggunakannya sebagai alternatif pengganti satu sama lain. Apalagi rasanya yang tidak jauh berbeda, tak akan bikin rasa dan resep masakan hancur.

Meskipun sering dikatakan sama, antara lemon dan jeruk nipis ini ternyata memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Mulai dari tampilan, tingkat keasaman, rasa hingga jumlah kandungan nutrisinya cukup berbeda satu sama lain. Mau tau bagaimana ulasannya? Simak di bawah ini.

1. Diameter ukuran

Sebelum melihat lebih dalam, perbedaan yang akan langsung tampak dari lemon dan jeruk nipis itu dari segi tampilannya. Buah lemon memiliki ukuran yang lebih besar dan bentuknya rata-rata lebih oval, warnanya pun kuning. Sedangkan, jeruk nipis ini lebih mungil dan berbentuk bulat serta memiliki warna hijau.

2. Cita rasa

Keduanya memang termasuk dalam buah sitrus. Tetapi, tingkat keasaman dari masing-masing buah tersebut itu berbeda. Lemon memiliki rasa asam dengan kadar gula sebesar 2 persen sedangkan jeruk nipis kandungan gulanya itu sebesar 0,5 – 0,75 persen. Inilah mengapa jeruk nipis memiliki rasa asam yang cukup pekat jika diseduh dengan air hangat.

3. Kandungan nutrisi

Kandungan nutrisi lemon dan jeruk nipis ini serupa, namun jumlahnya saja yang berbeda. Misalnya, kandungan vitamin C pada lemon lebih tinggi daripada jeruk nipis. Sedangkan, vitamin A sebaliknya. Meski begitu, hal ini tidak akan berpengaruh pada kebutuhan tubuh akan nutrisi harian.

4. Fungsi dalam masakan

Karena sudah tahu bahwa cita rasa keduanya berbeda, Anda bisa memilih mana buah sitrus yang cocok untuk digunakan. Jika Anda memasak aneka dessert, seperti es krim, pai, kue kering, cheesecake dan minuman segar, Anda bisa membuat lemon untuk menambahkan cita rasanya karena memiliki rasa manis yang cukup banyak. Sedangkan jika untuk mencampurkan hidangan salad, ikan, dan daging, pakai jeruk nipis untuk menciptakan rasanya.