Jangan Panaskan Kembali 4 Makanan Ini, Bisa Berbahaya

Setelah memasak begitu banyak dan masih ada sisa tentu membuat kita tidak rela jika langsung membuangnya. Banyak orang memanaskan kembali makanan yang telah disimpan agar dapat kembali disantap. Hal ini sudah menjadi kebiasaan turun temurun sejak dahulu.

Namun, tidak semua makanan bisa menggunakan cara ini jika ingin mengonsumsinya kembali. Ada beberapa makanan yang justru akan menimbulkan risiko kesehatan jika dipanaskan. Apalagi penyimpanan yang tidak tepat juga rentan membuat kotoran dan racun hingga ke makanan tersebut.

Berikut ini kami rangkum beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali.

1. Seledri, Bayam, dan Buah Bit

Ketiga sayuran di atas itu akan melepaskan zat karsinogenik yang berubah menjadi racun dan menyebabkan kanker jika dipanaskan kembali. Jadi, jangan lagi memanaskan makanan ini jika hendak mengonsumsinya, ya.

2. Jamur

Jamur yang dipanaskan kembali akan membuat kandungan proteinnya berubah sehingga bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan. Sebaiknya, makan jamur setelah selesai memasak saja.

3. Telur

Sama halnya dengan jamur, kandungan protein pada telur pun cukup tinggi. Hal ini akan lebih bermanfaat jika Anda mengonsumsinya setelah memasak. Jika Anda memakannya setelah dipanaskan, proteinnya akan berubah dan bisa menyebabkan masalah pada pencernaan.

4. Kentang

Olahan kentang memang terlihat melezatkan. Namun, bila Anda ingin menyisakan dan menyimpannya segera taruh ke dalam kulkas. Jika dibiarkan di dalam suhu ruangan, kentang akan menimbulkan bakteri yang kemudian mempengaruhi kesehatan Anda. Bakteri ini tidak akan musnah jika hanya dipanaskan, maka dari itu jangan berniat untuk memanaskan kentang dan simpanlah dengan baik.