Kasus Puger, Polisi Telah Tetapkan Tersangka

Kasus Puger, Polisi Telah Tetapkan Tersangka

Informasi Terkini – Jember – Tim penyidik dari Kepolisian Resor Jember telah menetapkan satu orang tersangka kasus kerusuhan yang ada di Kecamatan Puger, pada hari Jumat, 13 September 2012. Menurut Komisaris Besar Awi , selaku Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur mengatakan bahwa tersangka berinisial RM. RM diduga kuat telah terlibat pada penganiayaan yang telah menyebabkan korban jiwa yaitu Setiyawan.

Kombes Awi mengatakan kalau selain RM diduga telah terlibat dalam penganiayaan setiyawan, RM juga ikut menghasut puluhan orang yang lain supaya melakukan kegiatan yang anarkis ini. Sampai saat ini pun penyidik masih akan terus mengembangkan kasus dngan memeriksa sejumlah saksi yang lain. Selain RM juga masih mengejar enam orang lainnya.

Komisaris Cecep Susatya, Wakil Kepala Kepolisian Resor Jember menjelaskan kalau pihak kepolisian juga sudah menetapkan status tersangka pada tiga orang yang lainnya yang juga membawa senjata tajam pada saat pemakaman Eko Mardi Santoso, seorang korban tewas karena penganiayaan, pada hari Kamis, 12 September 2013.

Ketiga orang yang telah membawa senjata tajam itu bernama Sukarno, 65 tahun, warga dari Desa Puger Kulon; M Ihram, 29 tahun, warga dari Desa Puger Kulon; serta Nurhadi, 45 tahun, warga dari Desa Puger Wetan. Menurut Komisaris Cecep Susatya bahwa tidak ada penahanan buat mereka, dan belum ada keastian kalau mereka terlibat pada kasus rusuh yang terjadi pada hari rabu yang lalu.

Kerusuhan itu mengakibatkan kalau sejumlah bangunan yang ada pada pesantren rusak, seperti pada masjid, kantor pesantren, serta kamar-kamar santri juga ikut rusak. Ada sebanyak 38 motor yang rusak, hal ini dikarenakan telah dihantam oleh benda keras dan juga clurit, serta tiga motor juga hangus karena telah dibakar. Selain itu ada tujuh rumah yang terletak disekitar pesantren juga rusak karena telah dilempari oleh sekelompok massa yang begitu beringas. Massa juga ikut merusak serta membakar dua perahu yang tepat berada pada Tempat Pelelangan Ikan Puger.